by

Enam Inisiatif Disiapkan Dukung Akses Internet di Fasyankes

Jakarta,MRNews.com,- Terdapat enam (6) inisiatif yang perlu diimplementasikan dan menjadi komitmen bersama stakeholders hingga tahun 2024 untuk menunjang fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes).

“Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menyusun Roadmap Indonesia Digital. Salah satu dari 9 prioritas bidang dalam roadmap tersebut peningkatan akses layanan kesehatan yang bertujuan memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat,” kata Direktur Sumber Daya dan Administrasi (SDA) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo Fadhilah Mathar.

Inisiatif pertama kata Mathar, adalah perluasan cakupan infrastruktur digital dalam mendukung layanan kesehatan melalui telehealth dan telemedicine. Kedua, penerapan registrasi kesehatan digital nasional termasuk manajemen data dan health record.

Ketiga ialah pengembangan hak dan ekosistem teknologi medis. Keempat, penerapan analytic untuk manajemen penyakit seperti demi meningkatkan akurasi diagnosa. Kelima adalah perluasan kebijakan kontak untuk manajemen akses.

“Inisiatif keenam; digitalisasi untuk mendorong hidup yang lebih sehat, menyiapkan talenta dengan kapabilitas dan mindset digital juga menjadi prasyarat transformasi digital dan terus kami lakukan,” jelasnya dalam webinar peranan telekomunikasi dan deteksi dini stunting pada anak di daerah 3T dari Jakarta, Selasa (24/11/20).

Kementerian Kominfo sebutnya, terus berusaha mewujudkan semua inisiatif tersebut bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan sektor terkait, termasuk penyedia aplikasi, platform dan konten digital di sektor kesehatan.

“Mewakili BAKTI Kominfo, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya bagi para pelaku di sektor kesehatan yang memanfaatkan semaksimal mungkin infrastruktur digital untuk kebaikan,” tandasnya.

Selain itu, Mathar menilai perjuangan untuk menurunkan prevalensi stunting di Indonesia bukan upaya berbasis proyek.

“Kami BAKTI Kominfo bersyukur bisa berada dalam mata rantai upaya jangka panjang tersebut dan menjadi pendukung bagi para tenaga kesehatan dan masyarakat dalam menciptakan generasi Indonesia yang sehat dan kuat menghadapi tantangan kehidupan yang diyakini akan semakin kompleks,” pungkasnya. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed