Empat Kapal di Pelabuhan Tulehu Hangus Terbakar
AMBON,MRNews.com,- Empat (4) kapal barang yang parkir di pelabuhan Hurnala Desa Tulehu Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah hangus terbakar dilahap sijago merah, Jumat (4/10/19) Pukul 19.00 wit. Ludesnya seisi empat kapal bermula ketika terjadinya kebakaran terhadap kapal KM. Taman Pelita milik PT. Sumber Rezeki yang telah memuat sebanyak 60 ton beras Raskin. Tiga kapal yang ikut terbakar yaitu motor ikan KM. Putra Dobo, motor ikan KM. Ampry dan motor ikan KM. Delta.
Kasubag Humas Polres Pulau Ambon dan Pp Lease Ipda Julkisno Kaisupy menjelaskan, kronologi kejadian berdasarkan penuturan saksi Robo (42), ABK Kapal Taman Pelita bahwa saat saksi pulang belanja dari kota Ambon kemudian menaruh barang-barang belanja diatas kapal. Lalu saksi menanyakan kepada ABK lain Jainudin bahwa “ose ada cium bau hangus ka seng”. Tak lama kemudian terdengar teriakkan dari arah bawa dermaga ada api di motor Taman Pelita bagian kamar mesin. Mendengar teriakan itu, dirinya kemudian turun dari kapal untuk memastikan sumber api tersebut, ternyata benar api telah membesar yang berasal dari dalam kamar mesin.
Menurut keterangan saksi lain Jainudin (40) lanjut Julkisno, bahwa saat saksi yang rencana beristirahat tidur mendengar teriakan kapal terbakar. Kemudian bertanya darimana api berasal dan dijawab dari kapal motor Taman Pelita. Spontan saksi bergegas mengambil HP dan tas didalam kamarnya. Tak lama terlihat gumpalan asap tebal dari arah bawah kapal, selanjutnya saksi mencari jalan keluar untuk turun dari atas kapal. Saat ada diatas dermaga pelabuhan dan melihat kapal sudah terbakar besar.
Adapun saksi lain Samsul Labiru (29) ABK, mengaku saat di warung untuk belanja, diberitahukan oleh Anyong Bakol bahwa kapal Taman Pelita terbakar. Saksi bergegas menuju arah kapal dan mendapati sudah terbakar besar.
“Akibat kebakaran, hanguskan seisi body kapal tersebut. Yang mana kapal tersebut terbuat dari bahan kayu, kemudian menjalar serta menghanguskan beberapa motor ikan yang sandar berdampingan dengan KM Taman Pelita. Ketiga motor ikan tersebut ludes terbakar karena terbuat dari bahan fiberglass. Untungnya tidak ada korban jiwa, hanya korban materiil yang mana empat buah kapal dan seisinya ludes terbakar mencapai miliaran rupiah,” tukas mantan Kapolsek Teluk Ambon kepada wartawan, Jumat (4/10).
Dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran Kapal Motor Taman Pelita tersebut yang berasal dari dalam kamar mesin tambahnya, belum dapat dipastikan meski sumber api yang dilihat berasal dari dalam kamar mesin.
“Saat kejadian, 4 unit mobil pemadam kebakaran kota Ambon dikerahkan ke TKP dan langsung memadamkan api. Sementara, kapal-kapal yang sandar di dermaga telah dievakuasi keluar sementara. Hingga saat ini kobaran api yang membakar empat kapal itu telah berhasil dipadamkan, meski terlihat api kecil masih menyala pada bagian body motor ikan,” demikian Julkisno. (MR-02)

 

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *