by

Empat Alternatif Ditempuh Tuntaskan Masalah Internet di Empat Negeri

-Kota Ambon-80 views

AMBON,MRNews.com,- Empat alternatif ditempuh oleh dinas komunikasi, informatika dan persandian (Diskominf-Sandi) kota Ambon untuk menuntaskan masalah jaringan internet yang belum tersedia pada empat (4) Negeri di kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel).

“Untuk empat negeri yang belum ada layanan Indihome dan layanan internet lainnya itu yakni Hatalai, Naku, Kilang dan Ema. Karenanya empat alternatif yang kita usulkan ke PT Telkom maupun penyedia jaringan internet lainnya,” kata Kadis Kominfo-Sandi Joy Adriaansz di Ambon, Senin (10/8).

Alternatif pertama diakuinya Joy, pihaknya sudah menyurat secara langsung GM Telkom di Makassar dan sementara menunggu hasilnya. “Kita minta untuk tahun 2020 akhir dan 2021 itu dituntaskan untuk pemasangan fyber optic diempat negeri itu,” bebernya.

Selanjutnya alternatif kedua, Diskominfo-Sandi juga sudah mengusulkan kepada PT Lintasarta sehingga mereka juga bisa berkontribusi di kota Ambon dengan pemasangan fyber optic diempat desa/negeri itu.

Ketiga, telah juga diusulkan untuk pemasangan layanan mega sky milik PT Telkom. Itu adalah layanan yang langsung dengan satelit untuk dipasang. Alternatif keempat, pihaknya mengusulkan untuk kompensasi pemasangan fyber optic.

“Jadi misalnya pemerintah kota (Pemkot) menganggarkan pemasangan fyber optic kemudian nanti pengembalian anggarannya disesuaikan dengan layanan yang nanti digunakan Pemkot Ambon. Utuk alternatif keempat masih menunggu persetujuan Telkom Makassar,” tukasnya.

Lebih jauh menurutnya, saat ini jika mengakses jaringan seluler secara keseluruhan tidak ada masalah, sudah terjangkau. Hanya memang bila menggunakan jaringan internet dengan memanfaatkan layanan Indihome, untuk keempat negeri itu yang belum.

“Jadi tidak ada yang blank spot. Kalau adapun, rata-rata itu didaerah pemukiman baru seperti di perumahan Batu Gajah baru Halong. Tapi solusinya sudah disampaikan dalam waktu dekat akan dipasang BTS Mobile sementara sehingga solusi selulernya disitu bisa teratasi,” tuturnya.

“Dengan empat alternatif itu kita akan tuntaskan di kota Ambon. 2021 kita targetkan tuntas untuk jaringan internet di empat negeri tersisa,” tutup Joy. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed