by

Embung Waihatu Bantu Petani

AMBON,MRNews.com.- Pembangunan Embung di Desa Waihatu, Kecamatan Kairatu Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat sangat menolong petani terutama saat musim panas.

Embung yang dibangun Dinas Pertanian Provinsi Maluku, dirasakan sangat menolong para petani holkultura. Apalagi disekitar Embung terdapat lahan jagung seluas 15 Ha dan tanaman berbagai jenis sayuran.

“Embung yang di bangun di Desa Waihatu Kecamatan Kairatu Barat Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB ) ini sangat bermanfaat bagi petani. Baik itu untuk membantu pengairan petani holtikultura dan digunakan sebagai tambak ikan” ujar Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Saudah Tethool usai melakukan kegiatan pengawasan.

Menurut Tethool, pembangunan Embung diharapkan bisa menyentuh petani yang kesulitan mendapatkan air. Karena itu, perlu perhatian bersama baik itu dari pemerintah provinsi maupun kabupaten.

” Embung ini memberi harapan baru bagi para petani. Sehingga diharapkan mendapatkan perhatian pemerintah dan bisa dibangun di lokasi lain” ujarnya.

Sayangnya, belum disiapkan akses jalan yang baik. Karena itu Tethool berharap pemerintah bisa terus perhatikan kebutuhan masyarakat. Disisi lain, belum adanya mesin pertanian untuk jagung sehingga saat panen petani bisa langsung memproduksi dengan cepat.

” Embung sudah ada dan kita lihat hasil pertanian bagus sekali. Tapi petani kesulitan membawa hasilnya ke pasar karena belum ketersediaan akses jalan yang memadai ” tutupnya. (MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed