by

Eks Simpatisan RMS Ikut Seminar Kebangsaan, Akui Setia ke NKRI

AMBON,MRNews.com,- Sejumlah eks simpatisan Republik Maluku Selatan (RMS) di kecamatan Saparua dan Saparua Timur mengikuti seminar kebangsaan bertajuk ciptakan hidup basudara pela gandong dalam bingkai NKRI demi kemajuan Maluku dan Indonesia tercinta.

Seminar digagas pemerintah kecamatan di kantor kecamatan Saparua Timur Kabupaten Maluku Tengah, Senin (19/4).

Pada kesempatan tersebut, sekretaris camat Saparua Timur M. Lekahena menjelaskan, seminar ini untuk memberikan pemahaman dan sosialisasi serta penyuluhan secara detail berdasarkan UU kepada eks simpatisan RMS di kecamatan Saparua dan Saparua Timur.

Dirinya memaparkan, seluruh warga yang pernah terlibat persoalan hukum terkait RMS hanyalah simpatisan saja. Sehingga pilihan meninggalkan RMS oleh beberapa simpatisan dan kembali pada NKRI adalah jalan tepat demi diri, keluarga dan masa depan anak-anak nantinya.

“Ada empat eks simpatisan RMS yang pernah terlibat dengan menaiki bendera 17 tahun lalu, usai mendengarkan dan memahami inti seminar, langsung memberikan pernyataan setia kepada NKRI,” jelas Lekahena via pesan WhatsApp.

Hal itu dilakukan karena menurut mereka sambung Lekahena, RMS adalah masa lalu dan hanya janji palsu serta menguntungkan pihak tertentu.

Sementara itu, Raja Tuhaha Jan Sasabone meminta kepada pemerintah jika menjelang hari RMS yang diperingati setiap tanggal 25 April tidak ada lagi kesibukan–kesibukan aparat keamanan di negeri Saparua, seolah–olah di Pulau Saparua ini luar biasa dengan perjuangan RMS.

Dirinya juga berharap eks simpatisan RMS yang pernah terlibat pengibaran bendera RMS agar nama–nama mereka dipulihkan karena telah puluhan tahun tidak lagi terlibat dalam kegiatan apapun terkait dengan RMS.

“Saya memberi apresiasi luar biasa terhadap kegiatan ini. Sebab menandakan RMS masa lalu, NKRI harga mati. Dengan kegiatan ini tentu katong sesama orang basudara bisa kumpul dan sampaikan unek–unek yang selama ini tertahan dihati katong masing-masing” ujar Sasabone.

Diketahui, usai mengikuti seminar kebangsaan, para peserta yang kebanyakan eks simpatisan RMS mendeklarasikan kesetiaan kepada NKRI. Dilanjutkan dengan gerakan sosial pembagian masker secara gratis bagi pengendara roda dua maupun roda empat yang melintas. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed