by

Dusun Kainara Tanut Ubah Status Jadi Desa Persiapan

-Kab.MTB-356 views

TANIMBAR,MRNews.com,- Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) Petrus Fatlolon meresmikan perubahan status Dusun Kainara menjadi Desa Persiapan Kainara di Kecamatan Tanimbar Utara dengan Desa Induk Ritabel. Acara dilaksanakan di Gedung Gerja Imanuel Jemaat GPM Kainara, dihadiri pimpinan dan anggota DPRD, pejabat struktural, tokoh agama, pemerintah desa serta tokoh adat, Minggu (15/12).

Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah Somalay Batlayeri dalam laporannya menyampaikan, berbagai tahapan administasi maupun survey telah dilakukan hingga dikeluarkannya Peraturan Bupati nomor 38 Tahun 2019 tentang Pembentukan Desa Persiapan Kainara di Kecamatan Tanimbar Utara KKT dan dikeluarkannya Kode Register Desa Persiapan oleh Gubernur Maluku sesuai surat nomor 140/4211 tanggal 27 Nopember 2019, sehingga Desa Persiapan Kainara dapat diresmikan Bupati.

Sementara, Bupati KKT Tanimbar, Petrus Fatlolon usai menandatangani prasasti peresmian dan melantik penjabat Kepala Desa Persiapan Kainara memberi apresiasi kepada Asisten Bidang Pemerintahan Setda dan Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah KKT beserta staf yang telah bekerja maksimal sehingga komitmennya  sejak dilantik sebagai Bupati 22 Mei 2017 lalu untuk meningkatkan status dusun maupun pemukiman di wilayah KKT menjadi Desa dapat terwujud.

“Peningkatan status ini maksudnya untuk memperpendek rentang kendali pelayanan pemerintahan. Bayangkan untuk urusan surat keterangan saja masyarakat dari Dusun Kainara harus melintasi laut ke Desa Induk dengan biaya cukup mahal. Bila Dusun ini sudah berstatus Desa maka semua administrasi pemerintahan maupun kependudukan yang dibutuhkan masyarakat dapat dilayani disini” jelas Bupati dalam rilis Humas Setda KKT yang didapat media ini, Selasa (17/12/19).

Selain itu peningkatan status Dusun menjadi Desa Persiapan ini juga menurut Fatlolon agar ada percepatan pembangunan.

“Saya berharap agar Penjabat Kepala Desa Persiapan yang baru dilantik dapat menyusun program-program yang sifatnya prioritas bagi pembangunan di Desa Persiapan Kainara terutama terkait air bersih. Karena saya melihat masyarakat disini agak kesulitan mendapatkan air bersih,” tegas Fatlolon.

Dirinya pun berharap kepada seluruh komponen masyarakat agar memberikan dukungan penuh kepada penjabat yang baru dilantik dalam melaksanakan tugasnya dan memastikan Desa Persiapan Kainara menjadi Desa defenitif nantinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed