by

Duduk Bacarita Kamtibmas, Bangun Kebiasaan “Ale Rasa Beta Rasa”

AMBON,MRNews.com,- Duduk bacarita Kamtibmas oleh Polda Maluku kembali digalakkan. Kali ini melalui focus group discussion (FGD) bertemakan “Peran Polmas dalam upaya pencegahan dan mengurangi Pandemi Covid-19 diwilayah Hukum Polda Maluku”, Kamis (16/7/20).

FGD itu menghadirkan sekretaris gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Ambon A.G Latuheru, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan elemen pemuda (FKPPI, KMPI) serta Bhabinkamtibmas di Aula Command Center Polda Maluku.

Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar mengaku, kegiatan ini rutin dilakukan setiap minggu. Alasan harus duduk bacarita tentu untuk memberikan kearifan lokal dan membangun kebiasaan serta karakter masyarakat Maluku “Ale Rasa Beta Rasa”.

Lewat forum ini diharapkan menjadi wadah bagi masyarakat menyampaikan masukan dan saran bagi Polri termasuk ke pemerintah daerah. Sebab tokoh agama, adat, masyarakat dan pemuda ikut terlibat bersama membicarakan permasalahan dan mencari solusi atas masalah yang ada.

“Langkah-langkah yang diambil gugus tugas banyak progress dan juga ada kendala. Contoh harga Rapid tes masih tinggi, berbedanya fasilitas di Ambon dengan kota lain, hanya Ambon yang tidak ada rumah sakitnya,” tandas Jenderal berpangkat dua bintang.

Dimasa pandemi COVID-19 ini akui Kapolda, tiga hal penting menjadi perhatian serius yakni dampak virus itu, pertumbuhan ekonomi serta bantuan sosial (Bansos). Karenanya harus betul-betul secara terbuka membicarakannya, agar tidak ada masalah dan dapat terselesaikan.

“Bicara Bansos menjadi permasalahan khusus. Dengan adanya penyaluran yang tidak tepat sasaran, kami telah membuat hotline yang ada disetiap Polsek jajaran sehingga bisa diakses masyarakat,” ungkap Kapolda.

Selama ini tambah dia, istilah new normal trend pasca COVID-19. Namun Kemenkes telah merubahnya ke adaptasi kebiasaan baru. “Hal ini bermakna bahwa kita yang harus mengikuti dan beradaptasi dengan situasi dan keadaan baru,” kunci mantan Kapolda Sulbar. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed