by

Dua Wanita & Empat Pria Pemakai Shabu Diringkus

AMBON,MRNews.com,- Satresnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease kembali meringkus para pemakai narkotika jenis Shabu-shabu. Total enam (6) pelaku atau tersangka yang diamankan pada TKP berbeda-beda.

Mereka merupakan warga kota Ambon. Dua diantara enam orang itu wanita berinisial MVP (38) yang sedang sakit dan dititip di Polsek Sirimau. Satunya lagi CMW (47).

Kapolresta Pulau Ambon dan Pp Lease Kombes Pol Leo Simatupang mengungkapan, enam orang pengguna narkoba itu ditangkap pada lokasi berbeda-beda. Diantaranya YT (33) dibekuk di kampung Jawa kelurahan Pandan Kasturi, Sabtu (4/1) dengan barang bukti kurang lebih 0,42 gram shabu-shabu.

Kemudian LO (36) dengan shabu 0,24 gram diamankan di pertigaan Pertamina Kebun Cengkeh pada tanggal bersamaan dengan YT. Lalu HJT (32) ditangkap di Galunggung, Tanah Rata (6/1) bersama satu paket Shabu 0,14 gram.

Berikutnya MVP (38) dengan satu paket Shabu seberat 0,05 gram diciduk di kos-kosan Kampung Kolam, Gudang Arang (13/1), serta CMW (47) bersama 0,0780 gram Shabu diamankan di rumahnya sendiri pada TKP dan waktu yang sama dengan MVP.

“Semuanya pemakai Shabu. Ini sudah merupakan rangkaian hasil penyelidikan selama Januari 2020. Dari keterangan para pelaku, mereka menggunakan sendiri-sendiri. Kami masih sementara mengejar para pengedar. Masih dalam pengembangan untuk ungkap pengedar,” beber Kapolresta kepada awak media di Mapolresta Pulau Ambon, Jumat (31/1/2020).

Para pelaku diakuinya sebagian besar swasta. Khusus dua pelaku perempuan itu ibu rumah tangga. Barang haram yang dipakai para pelaku datangnya dari luar Ambon, Makassar. “Dari keterangan para pelaku, mereka baru menggunakan, tapi khan nanti ada hasil lab. Kami masih kirim hasil lab ke Labfor Makassar,” tukas Leo.

Para pelaku atau tersangka itu pun diakuinya, disangkakan melanggar 112 ayat 1 UU Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 8 tahun, maksimal 12 tahun. Serta pasal 114 UU Narkotika dengan minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

“Total 9 kasus narkoba yang berhasil diungkap sepanjang Januari ini termasuk tiga anggota pemakai narkoba beberapa waktu lalu, dengan 11 tersangka. Tiga kasus sebelumnya sudah dilimpahkan ke kejaksaan. Dari 9, saat ini ada 6 kita rilis. Tiga sudah dirilis bersama Kabid Humas Polda Maluku. Total 11 tersangka narkoba diungkap selama Januari,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed