by

Dua Puskesmas di Kota Ambon Terakreditasi Utama

AMBON,MRNews.com,- Dua pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di kota Ambon di kota Ambon telah terakreditasi utama, kategori tertinggi kedua setelah paripurna dalam penilaian terhadap kelayakan sebuah Puskesmas dalam pelayanan. Kedua Puskesmas itu adalah Puskesmas Waihaong dan Tiahahu. Artinya dari 11 kabupaten/kota di Maluku hanya kota Ambon yang baru terkareditasi utama.

“Puskesmas yang telah terakreditasi dan keluar hasilnya dua bulan lalu itu tiga yakni Waihaong, Tiahahu dan Waihoka itu reakreditasi. Setelah diakreditasi tiga tahun lalu tahun ini diakreditasi kembali hasilnya dua Puskesmas raih kategori utama Waihaong dan Tiahahu. Sementara satu madya yakni Puskemas Waihoka,” ujar kepala dinas kesehatan kota Ambon dr Wendy Pelupessy kepada awak media di Ambon, Jumat (15/11/19).

Dengan demikian kata Wendy, tersisa 6 Puskesmas lagi yang saat ini jalani proses reakreditasi. Dimana minggu lalu berjalan di Puskesmas Air Salobar, sedangkan minggu ini oleh Puskesmas Arbes, Kayu Putih dan Kilang. Maka, diharapkan tahun ini seluruh Puskesmas yang ada di kota Ambon bisa seluruhnya terakreditasi. Artinya target oleh pemerintah di 2020, lebih cepat dilakukan oleh kota Ambon.

“Tahun ini mudah-mudahan 22 Puskesmas bisa terakreditasi. Padahal pemerintah beri kesempatan sampai tahun 2020 seluruh harus terakreditasi tapi kota Ambon di 2019 sudah terakditasi seluruhnya jika 6 Puskesmas lagi lulus,” bebernya.

Bila sudah terakreditasi yang 6 Puskemas apalagi yang sudah reakreditasi sesuai standar. Bahkan kalau dapat utama di Ambon berarti terstandar sama seperti di DKI Jakarta mulai dari administrasi, sarana prasarana serta dukungan masyarakat lintas sektor.

“Jadi tiga surveyor yang datang. Surveyor independen yang mereka di tes dulu kemudian diberi pelatihan oleh tim akreditasi dibawah Kemenkes tapi tim independen. Setiap Puskesmas dapat tiga surveyor untuk tes akreditasi. Jika lulus berarti terstandar akreditasi untuk seluruh Indonesia. Jika tidak, maka akan putus hubungan dengan BPJS karena BPJS hanya melayani di seluruh Puskesmas yang telah terakreditasi mulai dasar, madya, utama hingga paripurna masing-masing sesuai standar,” kunci Wendy. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed