Dua Kepala Daerah Ikuti Pra Rakernas JKPI di Ambon

AMBON,MRNews.com,- Sejumlah daerah di Indonesia yang tergabung dalam anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) turut ambil bagian dalam pra Rapat Kerja Nasional (Rakernas) JKPI VII tahun 2019 di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Jumat (29/11/19). Bahkan ada dua daerah yang diikuti langsung kepala daerah yakni Walikota Sawahlunto Deri Asta dan Bupati Siak Alfedri yang juga selaku Presidium JKPI, bersama wakil ketua DPRD Kabupaten Siak.

Walikota Ambon melalui Sekretaris Kota A.G. Latuheru saat membuka Pra Rakernas JKPI katakan, Kota Ambon adalah salah satu dari 10 Kabupaten/Kota pendiri JKPI di kota Surakarta pada tahun 2006 yang sampai saat ini mengkoordinasikan 70 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan tujuan untuk mengembangkan kerjasama diantara Kota/Kabupaten yang mempunyai pusaka alam dan pusaka budaya.

Selain itu juga mengembangkan kerjasama untuk melestarikan pusaka, mendorong peran aktif masyarakat dalam pelestarian pusaka dan pengembangannya yang positif serta memelihara dan menjunjung tinggi nilai sejarah dalam pemanfaatan pusaka untuk kesejahteraan masyarakat.

“Pra Rakernas ini tindaklanjut salah satu hasil rekomendasi Rakernas VII JKPI 2019 pada 21-24 Juni 2019 di Kota Amlapura, Kabupaten Karangasem Provinsi Bali, yang mengusung tema Budaya Musik Mengisi Ruang Kota Pusaka sebagai apresiasi atas ditetapkannya Ambon sebagai kota musik dunia oleh UNESCO pada 30 Oktober 2019. Ini mengindikasikan bahwa potensi yang dimiliki orang Ambon terus digali dan dikembangkan untuk memajukan kebudayaan Indonesia,” ungkap Latuheru di The City Hotel Ambon.

Dirinya yakin, kegiatan ini akan memberikan peluang dan kesempatan bagi pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk terus memajukan kebudayaan terutama asset pusaka di Kota Ambon. Dimana semua punya tugas dan tanggungjawab untuk memahami kekayaan sejarah pusaka sehingga diharapkan agar warga kota tetap menjaga dan memelihara semua benda pusaka agar tetap lestari untuk masa depan generasi penerus.

“Harapan saya semoga kegiatan Pra Rakernas ini akan melahirkan keputusan-keputusan dan rekomendasi yang konstruktif untuk tindaklanjuti pada Rakernas VIII JKPI 2020 di Kabupaten Siak untuk memajukan pusaka budaya dan kebudayaan di Indonesia,” tutupnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *