Dua Alasan Sebabkan Suara PDIP Tergerus di Ambon

AMBON,MRNews.com,- Untuk pemilihan legislatif (Pileg) 2019 ini khususnya di kota Ambon, diperkirakan suara PDI Perjuangan tergerus atau menurun dibanding Pileg 2014. Kursi pun berkurang dari sebelumnya lima (5) kini hanya empat (4), itu pun tidak menyebar alias satu daerah pemilihan (Dapil) nihil kursi dan satu Dapil berkurang. Bahkan partai berlambang banteng moncong putih pun terancam didepak dari pimpinan DPRD oleh partai Golkar. Pimpinan partai menilai hal itu wajar karena dua alasan mendasar.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Ambon, James Maatita kepada awak media mengaku hal wajar jika hasil itu dialami PDI-P kali ini. Bahwa memang penurunan suara, ada beberapa akibat diantaranya pertama, penempatan caleg yang tidak reprsentatif, tidak mudah diterima oleh publik. Kedua, banyak Caleg dan banyak partai otomatis dengan penambahan sekitar empat partai baru dan kinerja Caleg-caleg partai lain juga rata-rata bagus, sehingga penyebaran suara pasti ada.

Bahkan menurut ketua DPRD Kota Ambon itu, rata-rata seluruh partai politik di empat Dapil tidak ada yang normal tapi turun. Terkecuali PDI Perjuangan di Dapil Nusaniwe yang bukan turun tapi naik dan tetap bisa pertahankan dua kursi, sehingga hal itu nanti menjadi cerminan.

“Perolehan suara PDI-P di Nusaniwe nanti jadi cerminan secara internal partai agar kemudian menjadi alat evaluasi apakah penurunan suara ini nanti penempatan Calegnya untuk periode kedepan harus seperti ini atau mekanismenya, konsultasinya dengan DPP dan DPD. Masalah-masalah kemungkinan ada intervensi dan segala macam bisa diserahkan langsung ke DPC sebagai lembaga yang mengetahui, mengenal Caleg-caleg dan kondisi kota sehingga periode kedepan mudah-mudahan PDI Perjuangan bisa mengembalikan performanya dan diterima publik di kota Ambon,” tukas Maatita di DPRD kota Ambon, Selasa (14/5/19).

Menyangkut Dapil Ambon II yang selama ini tidak ada kursi didapat PDI-Perjuangan, diakuinya, sudah menjadi evaluasi partai terus menerus, sehingga penempatan Caleg disana 80 persen Muslim. Dengan memperhatikan ketokohannya baik di kalangan muda maupun di kalangan masyarakat. Namun sampai sejauh ini ternyata juga masih belum mendapatkan kepercayaan publik. Sementara penurunan suara dan kursi di Dapil Ambon IV juga akan menjadi evaluasi.

“Penurunan suara di Dapil IV, ini yang akan menjadi evaluasi kita. Karena disana kita berharap PDI Perjuangan dengan kinerja Caleg-calegnya dan juga unsur aparatur partai, mampu untuk bisa mempertahankan minimal dua kursi atau tidak tergerus terlalu jauh. Itu nanti akan menjadi alat evaluasi kita untuk dilaporkan ke DPD dan DPP,” kunci Maatita. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *