DPRD Maluku Pastikan Waktu Pelantikan

AMBON,MRNews,com.- Ketua DPRD Maluku, Edwin Adrian Huwae memastikan akan menanyakan waktu pelantikan pasangan gubernur-wagub Maluku terpilih periode 2019-2014, Murad Ismail-Barnabas Orno oleh Presiden RI, Joko Widodo melalui Menteri Dalam Negeri dan Menteri Sekertaris Negara.

“Kalau sikap kami adalah, secepatnya gubernur dan wakil gubernur terpilih dilantik. Karena itu, hari Senin, DPRD secara resmi menyampaikan surat sekaligus pimpinan DPRD akan ke Jakarta menemui Menteri Dalam Negeri serta Mensesneg untuk memastikan jadwal pelantikan,” ujar Huwae, Jumat (15/3/19).

Dikatakan, jika semestinya saat berakhir masa jabatan pasangan gubernur-wagub Said Assagaff-Zeth Sahubrua pada tanggal 10 Maret 2019, maka pada tanggal 11 Maret 2019 sudah dilantik pasangan kepala daerah yang baru.

“Sesuai telegram Mendagri terkait penunjukan Sekda sebagai Plh gubernur adalah menunggu jadwal pemerintah, itu berarti bisa saja disesuaikan dengan jadwal Presiden. Karena sekarang dalam masa kampanye dan mungkin juga ada kesibukan lain serta adanya tugas dan tanggungjawab selaku kepala negara, kemudian berdampak pada penundaan pelantikan kepala daerah,” urai politisi PDI Perjuangan.

Diketahui Tiga kepala daerah periode 2019-2024 yang awalnya akan dilantik pada 11 Maret 2019 oleh Presiden adalah gubernur-wagub Maluku, Lampung, serta Maluku Utara. “Sikap DPRD jelas yakni meminta kepastian jadwal pelantikan, sebab antara Plh dengan gubernur definitif punya kewenangan berbeda,” tandas Huwae.

Sementara itu. Ketua Komisi C DPRD Maluku, Anos Yermias menandaskan jika DPRD Maluku tidak punya kewenangan untuk menetapkan jadwal pelantikan. “Kalau pelantikan itu urusan pemerintah pusat bukan kewenangan DPRD Maluku” demikian Yermias . (MR-01)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *