DPRD Maluku Desak Disdikbud-BPKAD Malteng Bayar Gaji Guru

AMBON,MRNews.com.- DPRD Provinsi Maluku mendesak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan pihak Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), untuk segera membayar gaji ratusan guru di Kecamatan Salahutu.
“Saya tidak tahu, keterlambatan pembayaran ini dari siapa? Dari Disdikbud atau BPKAD. Namun demikian, saya meminta pihak Disdikbud dan BPKAD untuk memperhatikan dana transfer gaji para guru ini. Gaji-gaji para guru ini, jangan sampai menganggu konsentrasi mereka dalam melaksanakan tugas,” kata Ketua Komisi D DPRD Provinsi Maluku, Saadiah Uluputty kepada wartawan, di Ambon, Senin (18/3) siang.
Menurutnya, keterlambatan pembayaran gaji kepada guru-guru di Kecamatan Salahutu, jangan sampai menurunkan kualitas para guru yang berujung pada terganggunya pelayanan pendidikan di kabupaten setempat.
Saat ini, kata Uluputty, guru-guru sementara fokus untuk meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Maluku. Jika hak-hak mereka belum dibayar, bisa mempengaruhi tugas dan fungsi para guru itu sendiri.
“Kami takutkan, para guru ini akan berpikir untuk mencari alternatif lain, untuk menutupi kebutuhan mereka, sehingga menganggu proses belajar mengajar, khususnya di Kecamatan Salahutu,” tandas Uluputty.
Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Malteng ini menegaskan, salah satu ujung tombak pendidikan sesuai dengan Undang-Undang (UU) Pendidikan adalah guru. Untuk itu, kesejahteraan guru harus diperhatikan, agar pendidikan di Maluku khususnya di Kabupaten Malteng bisa terus berkembang.
“Saya berharap, masalah ini diselesaikan secepatnya” kata Uluputty . (MR-01)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *