by

DPRD Dorong Pemda Siapkan Dana Hibah Pemilu 2024

AMBON,MRNews.com.- Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut mengatakan, DPRD Maluku mendorong pemerintah daerah agar secepatnya menganggarkan anggaran Pemilu 2024 mendatang.

Mengingat Pemilu 2024 merupakan pemilihan presiden, legislatif dan pemilihan kepala daerah yang dilakukan secara serentak di 11 kabupaten/kota di Maluku maka pemerintah daerah harus siap terutama dalam sisi penganggaran dana hibah kepada lembaga pelaksana Pemilu dan keamanan.

“Sesegera mungkin kita memastikan anggaran Pilkada dalam APBD perubahan. Karena sesuai perintah Mendagri, anggaran 40 persen harus dimasukan dalam APBD Perubahan 2023 untuk provinsi maupun kabupaten dan kota ” ujar Sairdekut di DPRD, Rabu (13/9).

Karena itu pentingnya APBD perubahan anggaran 2023 karena sharing dana hibah mesti tertuang secara jelas sementara sisa 60 persen akan dimasukan pada APBD tahun 2024.

Sesuai keterangan Sekda Maluku, Sadali Ie dimana surat keputusan Gubernur terkait sharing anggaran Pilkada tinggal ditandatangani sebagai landasan untuk menyatukan kesepahaman terkait tanggung jawab pendanaan Pemilu.

“Kita memastikan daerah siap terutama dalam sisi penganggaran dimana ada sharing dana dari pemerintah provinsi bersama kabupaten dan kota sebagai bentuk tanggungjawab bersama. Karena itu pentingnya APBD Perubahan 2023 dilakukan,” tutup Sairdekut. (MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed