by

Diundang ke Indonesia, Paus Fransiskus Rencana Kunjungi Ambon

-Kota Ambon-579 views

AMBON,MRNews.com,- Pemimpin Takhta Suci Vatikan Paus Fransiskus direncanakan bakal mengunjungi Indonesia pada medio Agustus atau September 2020 mendatang atas undangan Pemerintah Republik Indonesia.

Dimana Kota Ambon merupakan satu dari dua kota tujuan yang siap menerima kedatangan Paus, selain ibukota Jakarta. Hal itu diungkapkan Walikota Ambon Richard Louhenapessy kepada wartawan.

“Kita doakan semoga bulan Agustus nanti, Paus berencana mengunjungi Indonesia dan dua kota yang akan didatangi itu Jakarta dan Ambon-Maluku. Kita berdoa agar kunjungan itu dapat terealisir,” bebernya usai launching visit Ambon 2020 dan sejumlah event lainnya di Ruang Terbuka Publik (RTP) Amahusu Beach, Sabtu (1/2/2020) malam.

Hal itu akan terjadi diakui Walikota, hanya karena kota Ambon menjadi contoh toleransi di Indonesia. Dalam semangat itu, dirinya memohon dukungan dan doa restu semua pihak terutama masyarakat kota Ambon untuk memberikan dukungan sepenuhnya bagi penyelenggaraan kegiatan-kegiatan dalam bentuk visit Ambon 2020 dan rencana kunjungan Paus.

“Hanya karena Ambon jadi contoh salah satu kota dengan tingkat toleransi tertinggi di Indonesia. Sehingga bisa menjadi kota yang bakal dikunjungi Paus Fransiskus. Tentu harus disambut dengan baik oleh pemerintah, masyarakat dan semua elemen,” ajaknya.

Sambut momen langka itu, Walikota mengaku, tetap harus dilakukan persiapan. Sebab tujuannya berusaha menjadi tuan rumah yang baik.

“Mudah-mudahan bisa jadi tuan rumah untuk kegiatan itu. Sebab dampak besar sekali buat dunia, jika Paus datang kesini. Jadi perhatian dunia dan efeknya bagi kota yang dikunjungi pula,” harapnya.

Sementara, dikutip dari dari katadata.co.id, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengirim undangan kepada Paus Fransiskus untuk berkunjung ke Indonesia. Surat undangan telah disampaikan Selasa (28/1/2020). Undangan dilayangkan melalui Duta Besar Republik Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan Agus Sriyono.

Hal itu bisa dimaknai sebagai pengejawantahan sila pertama Pancasila, yakni Ketuhanan yang Maha Esa. Maka Juru Bicara Presiden Fadjroel Rahman berharap Paus Fransiskus bisa menerima undangan untuk datang ke Indonesia.

“Untuk mengatakan kepada dunia bahwa Indonesia adalah tanahnya toleransi, tanah semua agama dan tanah semua keyakinan. Pa Presiden harapkan Paus bisa terima undangan kami,” kata Fadjroel di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/1).

Fadjroel menyampaikan, Paus Fransiskus rencananya akan berkunjung ke Asia Tenggara pada September 2020 ini. Karena itu, Jokowi tak ingin kesempatan tersebut dilewatkan.

“Itu sudah disampaikan dan diterima langsung Sekretaris Negara Takhta Suci Vatikan Kardinal Pietro Parolin,” ujar Fadjroel. (MR-02/Web)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed