by

Distribusi Vaksin Besok Dilakukan Lewati Jalur Udara & Darat

AMBON,MRNews.com,- Mulai besok, distribusi vaksin Covid-19 akan dilakukan ke Kabupaten/Kota. Dua jalur ditempuh yaitu udara dengan pesawat terbang bagi daerah yang jauh, sedangkan Kabupaten/Kota terdekat lewati jalur darat oleh PT Pos Indonesia Ambon.

“Sesegera mungkin vaksin akan didistribusi ke kabupaten/kota. Dari pertemuan tadi, yang bertanggungjawab pendistribusian itu PT Pos Indonesia. Tanggal 13 Januari sudah mulai berproses ke kabupaten/kota sesuai penerbangan yang ada,” tandas juru bicara (Jubir) vaksinasi Covid-19 pemerintah provinsi Maluku Dony Rerung.

Sementara untuk pendistribusian tanggal 14 Januari sesuai dengan jadwal penerbangan yang ada kata dia, ialah kabupaten Buru Selatan (Bursel), Maluku Barat Daya (MBD) dan Seram Bagian Timur (SBT).

“Sesuai info dari PT Pos kalau nanti kabupaten Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat (SBB) mungkin lewat jalur darat distribusinya sedangkan yang jauh melalui jalur udara. Itu sebabnya nanti Bursel, MBD dan SBT pada 14 Januari,” tandas kepala balai kesehatan paru provinsi Maluku itu di kantor Gubernur Maluku, Selasa (12/1/21).

Terkait berapa jumlah vaksin yang dikirim, Rerung mengaku berdasarkan data yang dikirim sesuai jumlah SDM kesehatan yang akan divaksin. Karena tahap pertama untuk SDM kesehatan.

“Tentu jumlahnya ada. Data itu ada di dinas kesehatan. Berdasarkan data itulah yang kita kirim vaksin sesuai kebutuhannya,” tukasnya.

Menurut Rerung, kabupaten/kota siap menerima vaksin. Pengiriman akan dikawal TNI Polri, kemudian sampai di kabupaten/kota nanti diambil alih Polres setempat untuk distribusi lebih lanjut.

Artinya, vaksin ini benar-benar dikawal baik pengamanan vaksinnya untuk tidak tertukar/tergantikan maupun dalam hal kualitas vaksinnya.

Selain itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Ambon juga akan menurunkan orang-orangnya untuk ikut mendampingi, bagaimana menjaga kualitas vaksin dalam hal suhu dan tata cara pengangkutan vaksinnya supaya tidak menjadi hal yang salah.

“TNI Polri sudah siap mengawal. Pada prinsipnya semua akan dilakukan dengan baik, sudah siap didistribusi, siap dikawal dan siap dijaga kualitas vaksin yang akan dilakukan pada 15 Januari itu,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed