by

Disnaker & Disperik Diminta Data Naker Rentan Bidang Perikanan

AMBON,MRNews.com,- Dinas tenaga kerja (Disnaker) dan Dinas Perikanan (Disperik) Kota Ambon diminta untuk melakukan pendataan terhadap tenaga kerja (Naker) rentan dibidang perikanan yang ada di Kota Ambon, termasuk didalamnya para nelayan.

Sekretaris Kota Ambon A.G Latuheru mengaku, pendataan Naker rentan itu penting untuk mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan yang difasilitasi oleh pemerintah kota (Pemkot) Ambon.

“Soal ini saya minta diperhatikan dengan baik dan secepatnya direalisasi. Kalau bisa paling terlambat bulan Februari mendatang sudah bisa selesai. Kerjasama lintas kedua OPD harus dibangun. Data ada di dinas perikanan selanjutnya Disnaker follow up,” tegas Latuheru di Ambon, Minggu (24/1).

Ketika hal itu dituntaskan Februari menurut Latuheru, supaya para nelayan baik secara mandiri maupun tergabung dalam kelompok usaha bersama (KUB) yang mendapat bantuan alat tangkap dan alat bantu penangkapan ikan, disamping jalan dengan usahanya tapi mereka juga harus dilindungi dari sisi kesehatan dan ketenagakerjaan.

“Manakala kalau ada masalah terkait dengan kesehatan akibat kecelakaan kerja, mereka bisa disantuni. Daripada nanti ketika kerja, kita tidak minta. Tapi kalau itu ada, para nelayan bisa terlindungi karena mendapat bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan, daripada harus keluarkan biaya sendiri,” jelasnya.

Selain itu Latuheru juga minta dinas koperasi dan usaha kecil menengah (UKM) serta penyuluh perikanan untuk melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap KUB nelayan yang menerima paket bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sekaligus bisa menggagas pembentukan koperasi nelayan.

“Bukan cuma pembinaan kelompok. Di Ambon memang kalau usaha kelompok agak susah tapi harus bisa dilakukan. Karena didaerah lain bisa, kenapa kita belum? Padahal kehidupan kelompok di Ambon, Maluku itu biasa. Budaya Masohi harus didorong terus,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed