by

Disnaker Ambon Buka Pos Pengaduan THR Lebaran

AMBON,MRNews.com,- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ambon membuka posko pengaduan tunjangan hari raya (THR) lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Plt. Kadisnaker Kota Ambon Stiven Patty mengungkapkan, pos pengaduan ini didirikan selain bertujuan memonitoring THR tetapi juga untuk menampung keluhan buruh perusahaan yang haknya tak diberikan sesuai waktu yang telah ditetapkan.

“Posko pengaduan THR kita buka di kantor Disnaker Ambon di Passo sebagai sarana informasi, jangan sampai ada perusahaan yang tidak bayar THR karyawannya. Sebab itu hak mereka yang harus diterima,” tukas Stiven kepada media ini di Balaikota Ambon, Selasa (27/4).

Langkah pembuatan posko aduan THR dilakukan pihaknya, sebagai implementasi peraturan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) nomor 06 tahun 2021 yang dikeluarkan (8/3/2016).

Yang kemudian diturunkan Pemerintah Kota Ambon (Pemkot) dalam surat edaran (SE) Nomor: 841.4/05/SE/2021 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan.

“SE ini kita sementara bagi ke semua perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Ambon. Kita harap ada kerjasama baik dari perusahaan untuk memperhatikan hak karyawan mereka,” ingatnya.

Dinasker Ambon sebut Stiven, telah berkoordinasi dengan Disnaker Maluku, dalam hal ini bagian pengawasan yang bertugas di Kota Ambon. Sebab, fungsi penindakan bukan ada di pemerintah kota (Pemkot) Ambon, tapi berada pada Pemprov.

“Bila hak pekerja tak diberikan kita tak segan ambil tindakan. Misalnya kalau lewat dari H-7 ada perusahaan yang belum bayar THR, karyawan silahkan lapor ke posko dan kita akan tindaklanjuti,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed