Dishub Siapkan 5 Kapal & 4 Ferry Layani Mudik Gratis

AMBON,MRNews.com,- Dinas perhubungan (Dishub) Provinsi Maluku menyiapkan sebanyak lima (5) kapal laut dan empat (4) kapal Ferry untuk melayani mudik gratis bagi masyarakat Muslim dalam rangka menyambut Idul Fitri 1440 H. Selain kapal laut dan Ferry, disediakan pula Bus Damri yang akan mengangkut pemudik dari Gong Perdamaian menuju pelabuhan penyeberangan Liang pada 31 Mei dan 1 Juni 2019 pukul 05.00 Wit.

Kepala Dishub Maluku, Frans Johanis Papilaya menjelaskan, lima kapal laut yang disediakan diantaranya KM Sabuk Nusantara 72 dengan trayek Ambon-Namrole-Leksula, rencana berangkat dari pelabuhan Yos Soedarso pada tanggal 24 Mei 2019; KM Sabuk Nusantara 71 dengan trayek Ambon-Werinama-Kelmuri-Geser-Gorom-Kesui-Teor-Kaimer-Kur-Toyando-Tual-Ambon, yang direncanakan berangkat dari pelabuhan Yos Soedarso pada 25 Mei 2019; KM Manusela dengan trayek Ambon-Ambalauw-Wamsisi-Namrole-Leksula-Tifu-Waimulang-Nanali, berangkat pada 28 Mei 2019.

Selanjutnya, untuk kapal ferry; KM Manusela dengan trayek Ambon-Manipa-Kelang-Buano-Taniwel-Wahai-Kobisadar-Bula-Kelimoi-Geser-Gorom, yang direncanakan berangkat 1 Juni 2019. Kemudian KM Ngapulu dengan rute Ambon-Banda, berangkat 30 Mei 2019. Ini merupakan program mudik gratis dari Bulog.

Berikut, kapal Ferry KMP Teluk Ambon dengan lintas Waai-Kailolo dan lintasan Waai-Umeputih dengan menggunakan KMP Samandar, berangkat dari pelabuhan Waai 31 Mei 2019. Lalu, KMP Roka Tenda, KMP Inelika, KMP Terubuk, KMP Dolosi dan KMP Tanjung Kuako lintasan Hunimua-Waipirit, berangkat dari pelabuhan Hunimua pada 1 Juni 2019, serta KMP Wayangan dengan lintasan Galala-Namlea, berangkat pada 1 Juni 2019.

“Kegiatan mudik gratis untuk kapal ferry hanya ditujukan kepada penumpang kelas ekonomi, tidak berlaku bagi kendaraan roda empat dan roda dua. Syarat untuk masyarakat ikut mudik gratis bisa membawa tanda bukti diri berupa KTP, SIM, kartu mahasiswa, kartu pelajar atau kartu keluarga dengan copian satu lembar saat pendaftaran,” bebernya kepada awak media di kantor Gubernur Maluku, Kamis (16/5/19).

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis tambahnya, untuk kapal laut KM Sanus 71, KM Sanus 72 dan KM Manusela bisa mendaftar pada kantor Dishub provinsi Maluku jalan Dr Malaiholo, Air Salobar pada tanggal 20-24 Mei 2019, sedangkan untuk KM Ngapulu di kantor Bulog jalan pantai Waihaong pada 22 Mei 2019, kapal ferry di pelabuhan Waai dilakukan saat keberangkatan pada 31 Mei, pelabuhan Hunimua dan di pelabuhan Galala pada 1 Juni, bus Damri juga saat keberangkatan. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *