by

Diprotes SBT, Kota Ambon Sabet Juara Festival Qasidah Maluku

AMBON,MRNews.com,– Sempat diprotes Kafilah Qasidah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) saat pengumuman juara karena tidak terima dengan hasil penilaian dewan juri pada babak final Festival Seni Qasidah Skala Besar tingkat Provinsi Maluku, Kafilah ibukota provinsi Maluku yaitu Kota Ambon tetap menyabet juara umum festival seni qasidah yang hasilnya diumumkan pada malam penutupan di Islamic Center Waihaong, Kota Ambon, Jumat (15/11/19).

Kafilah Kota Ambon memborong semua juara baik pertama, kedua, maupun ketiga di semua ajang yang dilombakan, termasuk mata lomba paling bergengsi, yakni kolaborasi Qasidah. Dengan demikian Ambon berhasil menyabet piala bergilir Gubernur Maluku.

“Kemenangan ini merupakan hasil kerja keras semua tim, mulai dari peserta, dan oficial serta kesetiaan para pengurus DPD Lasqi kota Ambon yang begitu selektif mendampingi para peserta mulai dari masa Training Center (TC), masa karantina, hingga perlombaan,” ungkap Sekretaris DPD Lasqi kota Ambon Alfian Lewenussa.

Kemenangan ini baginya, seolah memberikan motivasi untuk Kafilah Qasidah Kota Ambon menghadapi Pemilihan Duta-Duta Qasidah tingkat nasional, yang akan digelar di kota Ambon pada 25-29 November 2019 mendatang. “Jangan terlena, masih ada pekerjaan yang besar yang harus kita selesaikan pada pemilihan Duta-Duta qasidah tingkat Nasional. DPD Lasqi kota Ambon juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Walikota Ambon yang begitu peduli dan mensupport DPD Lasqi dalam menyiapkan pada kafilah,” demikian Alfian.

Sekretaris Kota Ambon A.G.Latuheru yang juga hadir mengaku bangga atas prestasi yang diraih Kafilah Kota Ambon. “Ini hasil dari usaha keras seluruh pihak yang terlibat,” singkat Latuheru.

Untuk diketahui, Kafilah Qasidah Kota Ambon menjadi juara pertama pada mata lomba, Pop Religi Perempuan, Bintang Vokalis (Bivo) anak putri, Bivo Remaja Putra Putri dan Bivo Dewasa Putra-putri. Juara kedua pada Pop Religi Putra, dan juara ketiga pada Bivo anak-anak putra. Sementara pada mata lomba group, menjadi juara pertama pada kategori group Qasidah Klasik remaja Putra-putri. Juara kedua pada group Qasidah Klasik Dewasa putra, dan juara ketiga pada group qasidah klasik dewasa putri.

Selain itu, Kota Ambon juga keluar sebagai juara pada mata lomba yang paling bergengsi, yakni Qasidah Kolaborasi, setelah mengalahkan tim kolaborasi Kabupaten SBT. Kemenangan kafilah kota Ambon di semua mata lomba pada festival seni qasidah skala besar tingkat provinsi ini, sekaligus mengobati luka kekalahan Kafilah Kota Ambon pada tahun 2017. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed