“Diperintah” Gubernur, RU Ganti Sam Ketua Pertina Maluku

AMBON,MRNews.com,- Lewat “perintah” Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, Bupati Kabupaten Buru Ramly Umasugi (RU) langsung menduduki jabatan sebagai ketua umum Pengprov persatuan tinju nasional (Pertina) Maluku empat tahun kedepan menggantikan Sam Latuconsina, ketua umum Pengprov Pertina Maluku sebelumnya.

“Pa Ramly Umasugi Bupati Buru jadi ketua umum Pengprov Pertina Maluku yang baru, ganti pa Sam (Latuconsina). Atas penunjukan, permintaan langsung pa Gubernur,” ujar ketua tim sterring committe Musprov Pertina Maluku Yan Haumasse kepada media ini di Balaikota Ambon, Jumat (30/8/19).

Menurut wakil ketua KONI Maluku ini, penunjukkan RU sebagai ketua umum Pengprov Pertina Maluku oleh Gubernur berlangsung alami dan tanpa diduga. Pasalnya dilakukan bukan dalam pertemuan formal. Namun ketika sterring committe Musprov dan mantan pengurus Pertina Maluku saat sowan ke Gubernur di kediamannya untuk meminta petunjuk dan arahan terkait ketua umum pasca Musprov di Marina Hotel 28 Agustus 2019 lalu.

“Saat itu kita semua sementara berdiri berbentuk lingkaran bersama pa Gubernur, kebetulan ada pa Ramli. Saya sampaikan ke pa Gubernur soal usulan forum ada tiga nama termasuk pa Wagub. Tapi pa Gubernur menilai Wagub dan Gubernur adalah ayah, pengayom bagi semua kepengurusan olahraga di Maluku, jadi tidak usah. Lalu beliau panggil pa Ramli dan meminta jadi ketua Pertina Maluku. Pa Ramly bersedia,” cerita Haumasse yang jadi pimpinan sidang Musprov Pertina.

Padahal, sesuai hasil Musprov sebutnya, ada tiga nama yang diusulkan forum saat itu untuk memimpin organisasi yang mewadahi para petinju Maluku yakni wakil gubernur Maluku Barnabas Orno, kepala dinas PUPR Maluku Ismail Usemahu dan kepala dinas kehutanan Maluku Sadli Ie. “Pa Ramly dalam rekam jejaknya memang kuat di olahraga dan tidak salah jika ditunjuk. Tinggal menyusun kepengurusan dan fokus membawa tinju Maluku berjaya di Pra PON dan PON 2020,” ujarnya.

Kepastian terpilihnya RU pimpin Pertina Maluku juga diungkapkan ketua forum pemerhati olahraga Maluku (FPOM) Joses Josantos Walalayo. “Iya Pa Ramly ketua Pertina Maluku yang baru, ganti abang Sam (Latuconsina). Padahal ada tiga nama yang diusul forum waktu Musprov, tapi hasilnya diluar itu. Tapi sudah jadi keputusan. Semoga beliau bisa bawa Pertina dan tinju Maluku kembali berjaya di Pra PON dan PON 2020 di Papua,” harap Santos. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *