Didepan Pejabat KKP, Wawali Harap SMKN 8 Ambon Diperhatikan

AMBON,MRNews.com,- Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler berharap, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kelautan dan Perikanan dapat memberi perhatian untuk pengembangan sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri 8 Ambon, sebagai sekolah berbasis kelautan dan perikanan, yang berada di negeri Kilang, Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel).

Harapan tersebut disampaikan Wawali didepan pejabat KKP RI yakni kepala badan riset dan SDM kelautan dan perikanan, Sjarief Widjaja saat membuka rapat kerja teknis (Rakernis) pendidikan kelautan dan perikanan tahun 2020 di SUPM Waiheru, Kota Ambon, Senin (8/4/19).

“Atas nama pemerintah dan masyarakat kota Ambon, saya berharap kiranya KKP lewat badan riset dan SDM kelautan dan perikanan bisa memberi sedikit perhatian bagi pengembangan sekolah ini kedepan. Dengan adanya perhatian dan bimbingan, serta terbangunnya kerjasama yang sinergis, maka kualitas pendidikan sekolah kejuruan berbasis kelautan dan perikanan yang ada di kota Ambon dapat ditingkatkan dan memiliki daya saing,” terang Wawali.

Harapan itu patut dilayangkan ke pihak KKP karena diakui Hadler, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon yang sebenarnya memiliki SMK Negeri 8 tersebut dan telah berdiri sejak tahun 2013 sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat di kecamatan Leitimur Selatan untuk memilikik sekolah kejuruan berbasis kelautan dan perikanan sebagaimana potensi yang dimiliki kota Ambon, sebagai salah sala leading sektor.

“Namun kebijakan dari pusat sejak tahun 2017 yang mengalihkan status sekolah SMA/SMK sederajat dari pemerintah kabupaten/kota ke pemerintah provinsi, sehingga Pemkot Ambon tidak dapat berbuat banyak bagi pengembangan SMK Negeri 8. Inilah mengapa kami menaruh harapan kepada pemerintah provinsi dan pusat lewat KKP memperhatikan sekolah itu. Karena potensi dan kemauan yang tinggi dari anak-anak yang belajar di SMK Negeri 8 juga menjadi faktor kuat kami mendorongnya,” tukas Hadler.

Terlepas dari hal itu, tambah Hadler, pemerintah dan masyarakat Kota Ambon tentu sangat bersyukur bahwa di kota berjuluk Manise ini, ada sekolah usaha perikanan menengah (SUPM) Waiheru, yang menjadi tempat untuk mempersiapkan sumber daya manusia Maluku dan Kota Ambon yang handal dalam mengembangan sektor kelautan dan perikanan. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *