by

Dialog Antar Umat Beragama, Beri Spirit Kerukunan

-Agama-218 views

AMBON,MRNews.com,- Dialog antar umat beragama sangat penting dan diharapkan memberikan spirit bagi kokohnya hubungan kerukunan umat beragama dan hidup orang basudara di Kota Ambon. Hal itu ditegaskan Walikota Ambon Richard Louhenapessy.

“Dialog menjadi sarana kita membangun tingkat kerukunaan beragama satu dengan yang lain. Dialog ini penting untuk memahami perbedaan yang terjalin sehingga bisa saling mendukung, menghargai dan menjaga sebagai orang basudara” ungkapnya saat membuka dialog Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon di Santika Hotel, Sabtu (14/3/2020).

Siapapun yang akan menjadi narasumber bagi Louhenapessy, itu tidak penting. Sebab utamannya adalah semangat berdialog dari semua umat beragama untuk membicarakan bagaimana hubungan persaudaran satu dengan yang lain harus terus kokoh dan terjalin sebagai bukti kelayakan Ambon menjadi kota dengan tingkat kerukunan terbaik pertama di Indonesia.

“Konteks budaya bangsa ini kalau pendekatan kita dalam pendekatan ekonomis yang terjadi itu. Tapi cara Tuhan bagi kota ini sangat luar biasa. Ambon menjadi kota percontohan dalam penilaian Kementerian Agama RI tahun lalu dengan kota yang memiliki tingkat kerukunan antar umat beragama terbaik di Indonesia. Saya rasa ini menjadi kekuatan kita,” bebernya

“Kerukunan berbeda dengan toleransi. Ada 10 kota memiliki tingkat toleransi tinggi, Ambon termasuk. Tapi dalam 10 kota itu, tidak ada yang masuk tingkat kerukunan umat beragama terbaik. Kita nomor urut 5 tingkat tolerasi tinggi tetapi untuk kerukanan umat beragama, Ambon nomor satu dari seluruh kota di Indonesia,” sambung Walikota.

Dialog ini lanjutnya, dalam bentuk orientasi FKUB. Pada level nasional, FKUB sementara diupayakan pemerintah agar bisa ada. Sebab FKUB baru terbatas di Kabupaten/Kota dan Provinsi. “Wakil Presiden RI pa Maruf Amin memberi perhatian. Kalau bisa FKUB ada dipusat. Kita berharap, apapun namanya tapi subtansi kerukunan, kebersaman jadi kekuatan kita,” terang politikus Golkar.

Sementara Plt Kabag Kesra Kota Ambon Edji Kiat mengatakan, dialog ini hadirkan Asisten II Pemkot Ambon Robby Silooy, perwakilan Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease serta Ketua FKUB Kota Ambon selaku narasumber. Ketiganya membedah aspek tanggungjawab pemerintah daerah, aparat keamanan dan kelembagaan FKUB dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama dan menjaga keamanan di Kota Ambon. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed