by

Di Ambon, Maluku Juara Umum Duta Qasidah Nasional

AMBON,MRNews.com,- Kafilah Provinsi Maluku dengan 96 personil berhasil merebut juara umum pada pemilihan duta-duta Qasidah nasional XXIV tahun 2019 yang terlaksana di Kota Ambon pada 25-29 November 2019. Hasil itu diperoleh setelah dewan hakim yang diketuai Inu Aminuddin dan Ibnujarir sebagai sekretaris berdasarkan keputusan nomor 02/Kep.DH/PDQN-XXIV/2019 mendapuk Maluku mendapat nilai tertinggi sebesar 66 saat pembacaan keputusan pada malam penutupan di lapangan Tahapary Tantui, Jumat (29/11/19) malam.

Berdasarkan hasil perlombaan yang dibacakan ketua dewan hakim, berada di bawah Maluku atau peringkat umum kedua yakni Kafilah Banten dengan nilai 59 dan posisi ketiga ditempati Kafilah Sumatera Barat dengan nilai 30. Berturut-turut kemudian melengkapi posisi 10 besar diantaranya Sulawesi Tenggara nilai 27, Lampung nilai 23, Jawa Timur nilai 21, Aceh nilai 17, Sumatera Utara nilai 15, Kalimantan Tengah nilai 13 dan terakhir Jawa Barat nilai 12.

Sedangkan juara favorit, masing-masing diraih Kalimantan Barat (Syarifah Khaira) dengan nilai 339 kategori peserta, grup dari Papua Barat yaitu grup rebana klasik remaja nilai 503, grup kontemporer dari Kalimantan Tengah nilai 802 di kategori kostum dan aransemen favorit milik grup Kolaborasi Maluku memiliki nilai 703.

Berhasilnya Maluku juara umum juga tidak terlepas dari beberapa kategori menjadi juara pertama diantaranya bintang vokalis anak-anak Hana Kayla Zawawi (779,5), Nurhiyanti Litiloly (798,5) bintang vokalis remaja putri, Nurul Fatha Toisuta (817) bintang vokalis dewasa putri, kolaborasi grup (258) dan grup kontemporer (261). Sedangkan Mulyadi Taslim (777) juara ketiga bintang vokalis dewasa putra, Rahma Nabila Letahit (788) juara kedua pop religi putri, juara tiga grup rebana klasik remaja putri (235).

“Allhamdulilah. Luar biasa, saya bangga dan senang, bersyukur. Memang sudah target yah Insya Allah kontingen Maluku mendapat juara umum. Karena memang khan dari 8 atau semua kategori itu kita ikut semua. Apalagi di kategori kolaborasi dan kontemporer khan cuma tiga peserta dan kita memang bagus. Ini bukti bahwa memang kami bisa,” ungkap Ketua umum DPW LASQI Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail saat dimintai tanggapan atas hasil lomba.

Prestasi ini diakui Widya, tentu tidak terlepas dari kerja keras pengurus DPW LASQI Maluku dan DPD LASQI kota Ambon serta seluruh official dan peserta. Dimana sebelumnya telah mengikuti seleksi dari 11 kabupaten/kota, yang pemenangnya semua dijadikan perwakilan untuk mewakili Maluku ke tingkat nasional. Artinya memang mereka, para wakil Maluku sudah siap mental. Ditanya soal bonus, dirinya menjamin semua peserta mendapat tanpa kecuali.

“Saat karantina di Asrama Haji Waiheru, saya berkunjung dan berikan motivasi bagi mereka. Dimana saya sangat yakin kita bisa mendapat juara umum, itu saja. Saya sampaikan tunjukkan yang terbaik, pasti ada sesuatu dari saya. Prestasi ini luar biasa apalagi saya baru 7 bulan jadi ibu Gubernur dan baru dikukuhkan DPP LASQI. Allhamdulilah, kebanggaan lah. Sebab disamping Ambon menjadi kota musik dunia, Maluku juara umum pemilihan duta Qasidah nasional ini juga semakin memperkuat justifikasi itu,” ujar Widya penuh haru. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed