Desa Hitu Lama Dijadikan Model Penanganan Bencana Gempa

AMBON,MRNews,com.- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku dan BPBD Kabupaten Maluku Tengah bersama dengan BMKG melakukan sosialisasi tanggap bencana gempa bumi dan tsunami bagi masyarakat Desa Hitu Lama Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah yang digelar di rumah raja Desa Hitu Lama, Jumat (11/10/19).

Kepala BPBD Provinsi Maluku Farida Salampessy usai sosialisasi mengatakan jika masyarakat mesti diberi pemahaman yang benar terkait gempa dan tsunami. Sebab sosialisasi langsung lebih tepat agar membentuk masyarakat mandiri tanggap bencana.

“Sekaligus kita membentuk relawan tanggap bencana sesuai instruksi kepala BNPB. Apa yang kita lakukan di Desa Hitu Lama akan menjadi model untuk dilakukan di desa-desa lain terutama yang langsung mengalami bencana gempa” ujar Salampessy.

Ditambahkan, jika penanggulangan bencana menjadi tanggungjawab bersama, yakni, pemerintah, swasta bersama dengan masyarakat. Sehingga partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengenal apa itu bencana gempa dan tsunami.

Sementara itu, Raja Desa Hitu Lama Salhana Pellu menyambut baik sosialisasi gempa dan tsunami agar masyarakat lebih memahami sehingga terhindar dari bencana. Tanggapnya tim medis dalam menangani permasalahan masyarakat di lokasi pengungsi patut diberi apresiasi.

“Selama ini, masyarakat hanya berfokus pada tsunami padahal gempa bisa terjadi di laut maupun di darat. Karena itu, masyarakat mesti diberi pemahaman yang benar agar lebih mandiri saat terjadi gempa” ujar Pellu.

Diakui, jika pagi hingga sore hari masyarakat beraktifitas seperti biasa dan sebagian kembali ke rumah namun jika malam hari masyarakat memilih berada di lokasi pengungsian yang lebih tinggi karena takut jika gempa dan berpotensi tsunami. Sosialisasi dan pendampingan relawan di tempat pengungsian diharapkan dapat membuat masyarakat memahami jika gempa dan tsunami tidak dapat diprediksi kejadian dan lokasinya. Dengan begitu masyarakat tidak terpancing dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab. (MR-01)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *