by

Dana Covid-19 Kota Ambon Sudah Terpakai 39,1 Miliar

-Kota Ambon-114 views

AMBON,MRNews.com,- Dari total dana refocusing untuk penanganan Covid-19 di Kota Ambon yang dialokasi pemerintah kota (Pemkot) sebesar Rp 46,9 miliar, telah terpakai habis oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sebanyak Rp 39,1 miliar lebih per tanggal 4 September 2020.

Ketua Pansus Covid-19 DPRD kota Ambon Johny Wattimena mengatakan, dari total dana terpakai itu, sesuai paparan Gustu dialokasikan untuk sektor kesehatan Rp 19,8 miliar, jaring pengaman sosial (JPS) sebesar Rp 13,4 miliar, kemudian anggaran pengamanan Rp 5,1 miliar. Biaya operasional dan lainnya Rp 800 juta, ATK sebesar Rp 521 juta.

“Penjelasan Pemkot dan Gustu sudah dipakai anggaran per 4 September Rp 39,1 miliar. Dari 46,9 miliar yang disediakan pemerintah kota untuk penanganan Covid-19 di kota Ambon. Artinya tersisa kurang lebih 7 miliar,” tandasnya kepada awak media di Balai Rakyat DPRD, Kamis (17/9).

Dirinya tidak menjelaskan secara rinci per item anggaran yang digunakan. Namun dari anggaran yang terpakai dianggap rasional. “Tapi menurut kami Pansus rasional karena tertanggungjawab, ada perinciannya. Tentu tidak semua hafal secara rinci,” beber politisi Gerindra.

Pernyataan berbeda diutarakan anggota Banggar DPRD dari fraksi PKB Gunawan Mochtar. Menurutnya, ada tambahan anggaran refocusing Rp 5 miliar lebih dari Rp 46,9 miliar menjadi Rp 51 miliar lebih.

“Rapat terakhir itu katanya baru terpakai Rp 31,9 miliar. Beta kemarin sudah pertanyakan. Data yang diberikan ketua TAPD Pemkot cuma berupa penjelasan lampiran tidak terperinci anggaran, hanya kegiatan. Padahal bukan itu kita perlu, tapi rincian anggaran detail,” jelas Gunawan.

Dalam rapat itu, diakuinya, Pemkot beralasan detail penggunaan anggaran belum bisa disampaikan karena masih menunggu audit BPK, barulah diberi ke DPRD. “Itu penting. Supaya ketika ada masyarakat yang bertanya kepada kita, kita bisa jelaskan dalam fungsi pengawasan DPRD,” bebernya.

Sementara Ketua TAPD Pemkot A.G Latuheru katakan, dana Covid-19 Kota Ambon Rp 46,9 miliar. Diperuntukan untuk kesehatan, JPS dan pengembangan ekonomi.

Dalam perjalanan penanganan Covid-19, jika anggaran sudah terpakai misalnya hingga November dana sudah habis dan pandemi ini tak kunjung berakhir, maka bisa diambil lagi dana dari biaya tidak terduga (BTT) Rp 199 miliar lebih.

“Tergantung kita punya hasil perhitungan berapa lagi kita mau tambah di dana Covid. Bukan berarti sudah hampir Rp 199 miliar lebih itu yang anggaran Covid-19, tidak. Tapi dana Covid-19 cuma Rp 46 miliar lebih. Seluruh dana refocusing ada di BTT. Jika tidak terpakai semua tetap ada dikas daerah,” jelas Latuheru di DPRD.

Dikatakan, dana Covid-19 hingga kini yang sudah terpakai Rp 39 miliar lebih. Dominan pada kesehatan, JPS dan operasional lainnya termasuk pengembangan ekonomi.

“Rinciannya tidak hafal pasti, tapi tetap akan disampaikan ke DPRD,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed