by

Damkar Tambah 2 Pos Pemadam di Eri & Hatbes

AMBON,MRNews.com,- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon tahun ini akan menambah dua (2) pos pemadam kebakaran yang akan berlokasi di Desa Eri Kecamatan Nusaniwe dan di Desa Hative Besar (Hatbes) Kecamatan Teluk Ambon.

Sedangkan untuk penambahan pos pemadam di Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel), direncanakan tahun depan dan satu pos tambahan lainnya. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon Edwin Pattikawa.

“Tahun ini hanya kita tambah pos pemadam. Satu di Eri untuk mengcover Kecamatan Nusaniwe, supaya lebih dekat penanganan di wilayah-wilayah sana. Satu lagi di Hative Besar untuk penanganan di wilayah Teluk Ambon. Tahun ini dua dulu, 2021 baru ditambah 2 pos lagi,” ungkapnya kepada media ini di ruang kerjanya, Rabu (5/2/2020).

Penambahan dua pos itu kata Pattikawa, merupakan amanat aturan yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) maupun aturan yang diatur dalam Perda kota Ambon bahwa setiap kecamatan harus ada pos pemadam kebakaran.

Otomatis dengan adanya penambahan pos, lanjutnya, maka akan seiring juga dengan penambahan armada. Dimana nantinya dalam rencana, bila memang didukung oleh dana yang memadai maka tahun depan akan menambah armada mobil pemadam.

“Saat ini kita punya ada 6 armada. Tambah 5 lagi itu bagus. Sebanyak itu bagus lah. Yah kita harapkan kesana. Tapi bicara juga, semua jika anggarannya ada. Kalau uang tidak cukup, mau bilang apa,” sebutnya.

Sejauh ini tambah Pattikawa, setiap melakukan pemadaman dalam wilayah kota Ambon untuk penanganan dalam kondisi seperti biasa. Memang ada kendala karena beberapa mobil rusak akibat kecelakaan di internal yang sementara perbaikan. Tapi dilihat armada yang ada masih bisa menangani.

“Yang sekarang lagi kondisi siap itu ada 6 armada. Untuk penambahan armada belum ada di tahun ini,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed