by

Cegah Sebaran Corona, Latupono Minta Warkop Ditutup

-Parlemen-360 views

AMBON,MRNews.com,- Guna mencegah penyebaran Corona di Kota Ambon yang lebih meluas, Wakil Ketua DPRD Kota Ambon Rustam Latupono meminta warung kopi (Warkop) di Kota Ambon juga harus ditutup.

Pasalnya, Warkop juga dianggap sebagai tempat yang tidak steril dan bisa menjadi pemicu meningkatnya kasus Corona karena didatangi banyak orang setiap waktu dari segala lapisan dan sulit dideteksi. Apalagi waktu buka warkop juga tidak menentu.

“Jangan cuma tempat hiburan malam, kegiatan keramaian dan aktivitas lain saja yang dilarang pihak keamanan, tetapi juga Warkop harus pula dilarang aktivitas. Sebab Warkop sangat rentan dengan penyebaran virus ini karena berkumpul lebih dari 10 orang dan sulit dideteksi,” ujar Latupono kepada media ini di Ambon, Sabtu (28/3/2020).

Pasalnya, kata dia, cukup banyak Warkop juga yang tidak menerapkan standar pencegahan Corona seperti menyediakan tempat cuci tangan dan sabun atau hand sanitizer, memberi jarak tempat duduk 1 meter dan lainnya. Apalagi jika tidak dibarengi dengan bekal edukasi tentang Corona dan pencegahannya.

Meski ada sebagian Warkop yang lakukan pembatasan waktu lebih pendek dari biasanya dengan pertimbangan tidak ingin rugi dengan tutup, tapi seharusnya lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan banyak orang dibanding hal itu. Sebab fokus semua pihak saat ini adalah upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Karena pertimbangan itu maka kita dorong pemerintah kota dan pihak kepolisian berkoordinasi untuk secepatnya bisa menutup Warkop. Khan setelah masa darurat ini selesai baru buka kembali, daripada korban besar. Semua demi kepentingan bersama. Sebab sampai hari ini data PDP dan ODP terus naik. Kita semua tentu tidak ingin virus Corona tetap ada,” tegas politisi Gerindra. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed