by

Cegah Paham Radikal, Empat Pilar Kebangsaan Penting Ditanamkan Sejak Dini

AMBON,MRNews.com,- Anggota DPR-RI Komisi VI Fraksi Partai Gerindra Hendrik Lewerissa katakan, pentingnya sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada generasi penerus bangsa sejak dini untuk mencegah masuknya paham-paham radikal yang tidak sesuai ideologi Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Banyak orang sekarang tidak paham empat pilar seperti munculnya gerakan-gerakan radikal, deklarasi beberapa mahasiswa tentang Papua Merdeka. Itu berkaitan dengan NKRI serta paham-paham yang tidak sesuai ideologi Pancasila,” bebernya saat sosialisasi 4 pilar kebangsaan di SMA Siwalima Ambon, Kamis (23/3).

“Sosialisasi empat pilar kebangsaan ini harus ditanamkan, karena jika kita tidak berhati-hati, paham ini (radikal-red) akan masuk ke generasi penerus kita. Seperti apa anak-anak kita, mau dikemanakan mereka? Ini tentu berbahaya,” ujar HL, sapaan akrab Lewerissa.

Lewerissa menjelaskan, empat pilar ini satu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan bersatu. Apalagi
Pancasila bukan hanya sebagai norma dasar tapi pancasila adalah cita-cita, ideologi, panduan untuk mencapai cita-cita.

“Disetiap pemerintahan pasti punya dasar, pasti punya cita-cita. Bisa bayangkan tidak kalau negara tanpa dasar dimana dia bisa berdiri,” ujarnya.

“Walau beda suku bangsa, agama, warna kulit, strata sosial tetapi yang mempersatukan adalah cita-cita bangsa Indonesia, sebab Pancasila sebagai dasar negara yang menjadi panduan,” sambung ketua DPD Gerindra Maluku itu.

Empat pilar kebangsaan ini tambahnya, sebagai bagian terpenting dalam menyelamatkan NKRI, mengaitkannya dengan berbagai persoalan bangsa dan tantangan kedepan.

“Empat pilar kebangsaan ini harus ditanamkan dalam pikiran dan perbuatan agar setiap kita menjadi manusia yang berkontribusi positif bagi masyarakat, bangsa dan negara,” harap Lewerissa.

Sementara itu, Kepala SMA Siwalima Nasir Tidore bersyukur sekolahnya terpilih sebagai locus sosialisasi empat pilar kebangsaan oleh Anggota DPR RI dapil Maluku. Sebab memang kurang lebih dua tahun terakhir tidak ada sosialisasi seperti ini.

“Anak-anak sangat senang. Sekali lagi kami sangat bersyukur bahwa anggota DPR-RI orang Maluku, masih mempunyai kepedulian sangat tinggi untuk pendidikan sehingga sekolah ini beliau pilih sebagai lokasi sosialisasi empat pilar,” pungkas Tidore.

Sosialisasi empat pilar kebangsaan ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Maluku Melkianus Sairdekut, Ketua dan anggota Komisi III DPRD Kota Ambon fraksi Gerindra Jhony Watimenna dan Christanto Laturiuw. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed