by

Cegah Covid 19, Dinkes Intens Sosialisasi ke Sekolah

-Kota Ambon-243 views

AMBON,MRNews.com,- Guna mencegah masuknya Corona Virus Disease (Covid) 19 masuk ke sekolah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon intens sosialisasi disemua tingkatan baik SD, SMP, bahkan SMA/SMK yang bukan domain tangunggjawab Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon pun turut dibagikan informasi dan pengetahuan tentang virus itu.

Pihak Puskesmas Nania sendiri telah sosialisasi ke SMK Negeri 3 Ambon dan hari ini, Jumat (13/3) giliran SMA Siwalima di Desa Waiheru. Sosialisasi berjalan serentak atas perintah langsung Walikota Ambon oleh Dinkes maupun Puskesmas yang ada di Kota Ambon dengan menyasar sekolah khususnya. Agar masyarakat tidak termakan isu-isu yang berlebihan sehingga tidak panik dan cemas.

“Saat ini kami sudah sosialisasi di SMKN 3 dan hari ini SMA Siwalima. Ada rekan kerja lain juga sosialisasi di SD, SMP dan SMA untuk kecamatan Baguala. Berjalan serentak sebagai tindaklanjut dari perintah Walikota untuk agar masyarakat dan anak-anak khususnya tidak panik dan cemas,” ungkap Kepala Puskesmas Nania dr Simon L usai sosialisasi.

Kepada siswa kata Simon, pihaknya memaparkan defenisi Covid 19, asal muasal, gejala-gejala seperti apa untuk orang terinfeksi, cara penularan dan pencegahan agar tidak terinfeksi. Termasuk kasus-kasus yang terjadi secara global baik korban terinfeksi, meninggal dan sembuh. Serta data dan fakta virus itu di Indonesia agar diketahui meski di Ambon belum ada kasus.

“Antusiasme dan rasa ingin tahu siswa tinggi sekali. Sekilas bisa disimpulkan, sebagian sudah paham mengenai Covid 19. Mereka sudah tahu masker hanya dipakai orang sakit saja, bukan sehat. Mereka juga sudah tahu cuci tangan paling penting, namun sebagian belum. Ada yang cemas, ada pula yang kelihatannya tidak peduli mau Covid 19 nanti terjadi d Ambon atau tidak,” jelas Simon.

Plt Kepala SMA Siwalima Novi Kusni mengaku, pihak sekolah dua minggu lalu sudah siapkan masker untuk anak lewat orang tua, tapi hanya dipakai jika dalam keadaan tidak fit. Lalu disiapkan suplemen bagi mereka serta dibekali tambahan susu dan sebagainya. Bahkan tiap kelas disediakan juga sabun cuci tangan dan tisu. Agar mereka diajar selalu cuci tangan sebelum istirahat atau ke kantin.

“Sosialisasi itu untuk memperkuat apa yang sekolah sudah buat. Harus begitu. Malah diharapkan bukan karena ada Covid 19 saja, tapi untuk hal lain juga mesti sosialisasi supaya sekolah dengan Puskesmas terdekat bisa tetap perhatikan kesehatan anak-anak. Kita harus wanti-wanti, mawas diri sejak dini dengan tiga hal tadi. Kami berterima kasih kepada Dinkes Ambon,” demikian Novi. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed