by

Cegah Calo Beraksi Lagi, Haurissa : Kita Gencarkan Razia

AMBON,MRNews.com,- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon Marcela Haurissa katakan, pihaknya akan gencar melakukan razia, sehingga tidak ada peluang bagi calo untuk melancarkan aksinya lagi pada dinas yang dipimpinnya.

“Pokoknya pengawasan di Kantor Disdukcapil Ambon, akan lebih diperketat. Ini bertujuan agar kejadian seperti beberapa waktu lalu tidak terulang kembali,” ungkapnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (8/12).

Perketat pengawasan lewat razia sebab kata Haurissa, dirinya temukan beberapa waktu lalu tiga orang calo KTP maupun KK yang memungut uang dari masyarakat sebesar Rp 200.000 per orang. Ketiganya diloloskan untuk tidak ditindaklanjuti ke pihak berwajib.

Namun pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Ambon telah memeriksa satu ASN yang bertugas di Disdukcapil karena diduga terlibat dalam aksi para calo tersebut.

“Saya sudah peringatkan seluruh ASN yang bertugas di Dukcapil untuk berhati-hati dalam melayani masyarakat. Sebab tidak tahu apakah masyarakat yang datang Calo atau tidak,” ingatnya.

Jika kedua kalinya ditangkap masih ada calo yang berani melakukan aksi tak terpuji itu, menurut Haurissa, pihaknya tidak segan-segan akan langsung laporkan ke pihak yang berwajib yaitu kepolisian.

“Saya sudah tegaskan jangan dilayani. Ini agar mereka benar-benar mendapatkan efek jerah. Bahkan, kalau melayani, saya juga katakan kepada pegawai, agar jangan minta imbalan apapun,” ungkapnya.

Menghindari hal serupa terjadi, dirinya sarankan masyarakat kota Ambon yang ingin mengurus berkas-berkas kependudukan dan catatan sipil datang dan urus sendiri agar tidak terjadi masalah. Sebab pelayanan di Disdukcapil gratis.

“Kalau mau datang pengurusan KTP, KK, akte kelahiran dan lainnya, silahkan berurusan dengan pegawai. Jangan pakai jasa calo, sebab segala jenis pengurusan di Disdukcapil Ambon, semua gratis tanpa ada pungutan biaya apapun,” harapnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed