by

Capai Target Vaksinasi 100 Persen, Bakal Ada Operasi “Salawaku” di Ambon

AMBON,MRNews.com,- Sesuai target hingga akhir Desember 2021, semua warga kota Ambon sudah bisa divaksinasi 100 persen, baik dosis pertama maupun kedua. Namun dua bulan terakhir, persentase kenaikan vaksinasi tidak signifikan.

Karena rata-rata orang vaksin 300-400 orang. Padahal harus dikejar 19 persen sisa dari 81,86 persen yang sudah vaksin, guna mencapai 100 persen. Maka itu, pemerintah kota (Pemkot) Ambon dan stakeholder terkait menggagas operasi “Salawaku” dari rumah ke rumah mulai pekan depan.

Diketahui, persentase vaksinasi di kota Ambon saat ini kurang lebih mencapai 81,86 persen masyarakat sudah mendapat suntikan vaksin dosis pertama. Sedangkan dosis kedua diangka 48 persen.

“Dengan jumlah yang ada ini, kita butuh 20 Minggu baru selesai. Padahal targetnya sampai 31 Desember. Untuk mendorong percepatan ini, kita harus membuat langkah terobosan. Dukungan, kerjasama TNI/Polri, tokoh agama sangat kita butuhkan,” tandas Walikota Ambon Richard Louhenapessy.

Oleh sebab itu, sambungnya, dalam waktu dekat, akan dilakukan operasi “Salawaku” dalam bentuk door to door. Dimana tim Satgas Pemkot Ambon terdiri dari Lurah, Kades, Raja, Dinkes, Satpol PP bersama TNI-POLRI, tokoh agama, tokoh masyarakat akan turun ke rumah-rumah.

“Mereka akan sosialisasi pentingnya vaksin dosis kedua dan langsung vaksin ditempat bagi warga yang belum vaksin. Jadi sekalian cek di rumah, berapa orang yang sudah vaksin dan Lansia,” akui Walikota usai rapat evaluasi dan koordinasi bersama jajaran Pemkot, TNI/Polri dan tokoh agama di ruang Vlissingen, Jumat (12/11).

Ditiap rumah yang dijumpai menurutnya, akan ditempel stiker agar memudahkan untuk identifikasi ditiap rumah berapa yang sudah vaksin pertama dan kedua. Sehingga ketika vaksinasi ditempat, sudah punya data jelas.

“Operasi ini sifatnya tidak memaksa. Kalau ada orang yang tidak mau, itu juga harus ada alasan jelas, misalnya ada penyakit bawaan atau comorbid dan alasan kuat lain. Itu semua kita catat semua supaya kita punya data lengkap berapa orang yang tidak mau vaksin,” sebutnya.

Lewat operasi itu, diharapkan Walikota, hingga Desember 2021 target 100 persen vaksinasi warga kota Ambon bisa tercapai. Sebab tentu dengan begitu, akan berdampak pada ekonomi masyarakat.

“Saya prediksi, dengan kondisi sekarang, pendapatan daerah pun juga belum terlalu signifikan. Beda kalau aktifitas sosial masyarakat semakin baik, akan buka ruang sektor ekonomi berkembang, sektor lain juga demikian dan dampaknya besar pada kota ini,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed