Butuh 1600 Personil, Polresta P.Ambon Prioritas Kapolda

AMBON,MRNews.com,- Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pulau Ambon dan Pp Lease akan menjadi prioritas Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa terutama berkaitan dengan pemenuhan sumber daya manusia (SDM). Sebab sebagai Polresta saat ini yang sudah meningkat statusnya dari Polres, membutuhkan minimal 1600 personil sebagai angka ideal operasional dalam menunjang tugas-tugas kepolisian.

Kapolda katakan, khusus SDM dimana jumlah personil akan bertambah untuk Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease paling tidak 20 persen, kemudian peralatan atau sarana prasarana juga harus ditambah sejalan bertambahnya SDM tersebut. Sebab seiring perubahan status Polres ke Polresta juga berpengaruh untuk Polsek-Polsek di wilayah hukum Polresta. Prioritas dilakukan dalam kepentingan bangsa, negara dan kelancaran tugas kepolisian.

“Jumlah personil pasti ditambah, idealnya tentu untuk Polresta Ambon berkisar 1600, saat ini belum sampai 1000 personil. Sebab peralihan status berdampak juga pada rekrutmen polisi yang berlangsung setiap tahun. Nanti tinggal pembagiannya kita akan lebih prioritas kesini di Polresta Ambon penempatannya untuk lulusan Bintara yang dididik di Passo,” ungkap Kapolda usai memimpin upacara pengukuhan peningkatan status Polres Ambon ke Polresta di lapangan upacara Mapolresta Pulau Ambon, Senin (18/11/19).

Peningkatan status kata mantan Kakorlantas Polri itu, merupakan bagian dari penataan kelembagaan yang dibarengi dengan peningkatan di berbagai aspek yakni sarana prasarana pendukung, pelayanan kepada masyarakat, keamanan dan ketertiban masyarakat serta diikuti oleh SDM personil yang unggul.

Tak saja itu, kata Royke, dalam hal kemampuan melayani, menjaga dan memelihara Kamtibmas harus ditingkatkan. Sebab tidak hanya status meningkat dan pangkat kepala menjadi Kombes Pol, para Kasat jadi Kompol dan lainnya, tetapi kemampuan melayani juga harus meningkat sejalan dengan program prioritas Kapolri yang pertama adalah mewujudkan SDM unggul. Itu harus ditingkatkan dan dipelihara.

“Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease naik tipe sejajar seperti Polresta Tangerang, Bogor, Manado dan lainnya. Tentu secara bertahap SDM dan infrastruktur akan terpenuhi. Terima kasih patut saya sampaikan bagi Kapolres Ambon AKBP Sutrisno Hadi Santoso atas kinerja dan dedikasi yang dilakukan selama ini sehingga Polres Ambon mendapatkan status menjadi Polres Kota Pulau Ambon dan Pp Lease. Selamat bertugas sebagai Wadansat Brimob di Polda Kaltara. Sukses sertai, jaga nama baik institusi polisi dan negara,” kuncinya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *