by

Bupati/Walikota & OPD Diinstruksikan Siaga Fenomena La Nina

AMBON,MRNews.com,- Bupati/Walikota se-Maluku serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dan Kabupaten/Kota diinstruksikan untuk siaga diri menghadapi bencana alam akibat fenomena La Nina.

Instruksi tersebut ditegaskan Gubernur Maluku Murad Ismail saat apel kesiapan dalam rangka menghadapi bencana alam La Nina di Maluku di Lapangan Tahapary Tantui Kota Ambon, Selasa (24/11).

“Sebagai respon fenomena La Nina yang kemungkinan akan melanda wilayah masing-masing, maka semua Bupati/Walikota serta OPD saya minta serius dan siap dengan segera menyusun kebijakan mitigasi bencana,” ucap Murad.

Apel siaga ini diakui mantan Dankor Brimob Polri, sangat penting sebagai langkah antisipasi dan menyatukan persepsi serta langkah bersama.

“Saya harap agar semua harus koordinasikan upaya-upaya pencegahan, sebelum terjadi kejadian bencana,” harap mantan Kapolda Maluku.

Bupati/Walikota menurut Murad, harus siapkan tempat pengungsian yang layak, dan bersih dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 dan penyakit lainnya.

“Ini tugas bersama, bukan saja kepala daerah, tapi pimpinan OPD seluruhnya harus mempersiapkan personil dan peralatan yang dibutuhkan, guna mendukung upaya penanganan darurat,” ingatnya.

Ditambahkan Murad, dirinya juga akan meminta dukungan lain dari Kantor Pencairan dan Pertolongan Kota Ambon, relawan Taruna Siaga Bencana dan elemen masyarakat untuk tetap waspada, siaga serta bekerjasama menghadapi ancaman bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Termasuk dalam penanganan bencana La Nina, perlu adanya bantuan dari pihak TNI-POLRI yaitu Kodam XVI Pattimura, Lantamal IX Ambon dan Polda Maluku.

“Saya mohon dukungan TNI-POLRI, baik dari segi personil atau peralatan yang tersedia, untuk menangani keadaan darurat yang sewaktu-waktu dapat terjadi,” pinta Murad.

Dirinya juga meminta Balai Wilayah Sungai segera lakukan upaya pencegahan banjir dengan jangka pendek yaitu memastikan kapasitas sungai untuk menampung debit air, yang kemungkinan akan naik akibat hujan deras dan jangka panjang lewat optimalisasi tata kelola air dari hulu ke hilir.

Diketahui, apel siaga dihadiri Forkopimda Maluku, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold Ritiauw, ketua PMI Maluku, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon, Kantor Pemadam Kebakaran Ambon, BMKG Ambon. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed