by

Bupati Bursel Minta Kades & BPD Bekerjasama

-Kab.Bursel-178 views

NAMROLE,MRNews,com.- Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Tagob S.Soulissa tegas meminta Kepala Desa(Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Nalbesi, Kecamatan Leksula agar bisa bekerjasama. Sebab kedua lembaga ini kalau ditingkat kabupaten diumpamakan Kades sebagai eksekutif dan BPD sebagai DPRD.

Karena itu diharapkan baik kepala desa maupun BPD bisa bekerjasama untuk melihat sejauh mana program-program yang bisa dilaksanakan sesuai dengan kemampuan APBDes.

Ditambahkan Soulisa, kepentingan politik desa yang mengakibatkan terjadi konflik kepentingan antara BPD dan pemerintahan desa harus dihindari. Sehingga, dua lembaga ini harus berjalan seiring bersama-sama untuk melihat kemaslahatan desa.

“Kalau sudah terjadi konflik maka, Bupati mengambil langkah tegas yang didasari pada ketentuan Undang-Undang dan Permendagri, bisa memberhentikan baik kepala desa dan strukturnya maupun juga DPD dan strukturnya. Saya harap bahwa DPD yang hari ini sudah terbentuk dan resmi di lantik dapat melaksanakan tanggungjawab dengan baik,” harap Bupati, Sabtu (8/8).

Dalam proses perubahan paradigma secara totalitas lanjut Bupati, sudah waktunya bukan saja Kades yang menjadi contoh pembangunan disuatu desa, tetapi BPD juga punya peran, karena pemerintah desa merupakan bagian otonomi yang telah terstruktur sesuai dengan undang-undang desa.

Bupati mengajak Kades dan BPD untuk berjalan bersama. Sebab sesuai otonomi mandiri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang paling utama yaitu, bisa bekerja sama dan harmonis untuk melaksanakan berbagai tugas dan tanggung jawab untuk mensejahterakan masyarakat. (MK-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed