by

Bupati Bursel Lantik Anggota BPD Desa Nalbesi

-Kab.Bursel-124 views

NAMROLE,MRNews,com.- Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Tagop S. Soulissa melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Nalbesy Kecamatan Leksula, Kabupaten Bursel di Aula Kantor Desa, Rabu (5/8).

Bupati Tagop mengatakan, sesuai ketentuan Permendagri nomor 110 tahun 2016 pasal 5 ayat (1), mengisyaratkan proses pengisian anggota BPD dilakukan secara demokratis melalui proses pemilihan langsung maupun tidak musyawarah perwakilan. Maka anggota BPD yang dilantik merupakan wakil masyarakat yang dipilih mewakili masyarakat melalui musyawarah perwakilan

“Pemda Bursel memberi ruang pemberlakuan adat istiadat setempat yang berlaku di kecamatan Leksula untuk memilih BPD sesuai perwakilan tiap mata rumah untuk duduk dalam keanggotaan BPD demi terwujudnya demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa,” ujar Tagop.

Seiring perubahan regulasi yang mengatur tentang desa, dimana desa tidak lagi hanya sebagai objek pembangunan dari pemerintah, tetapi desa saat ini mempunyai peran penting sebagai subjek pembangunan yang mempunyai hak dan kewenangan mengatur rumah tangganya.

“Konsekuensi dari hal itu, desa diberikan dana yang cukup besar untuk kelola dan dimanfaatkan sebesar- besarnya untuk kepentingan masyarakat desa” tukas Bupati dua periode itu.

BPD saat ini, tambahnya, sebagai lembaga formal yang punya peran strategis dalam mendorong transpransi akuntabilitas demokrasi dan kesejahteraan warga, maka harus mampu menjadi benteng dari iklim atau budaya pemerintah desa yang bersih serta mampu merumuskan indicator kinerja masyarakat, agar masyarakat dapat melakukan penjagaan terhadap BPD itu sendiri.

“Untuk itu BPD harus benar- benar bisa menjadi partner kepala desa dalam membangun desa menjadi pilar utama dan jembatan koordinasi kerja pemerintah desa dan masyarakat,” tutupnya. (MK-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed