by

Bumi Kalwedo Miliki Nahkoda Lima Tahun Kedepan

AMBON,MRNews.com,- Bumi Kalwedo, julukan bagi Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) akhirnya sah memiliki nahkoda lima tahun kedepan 2021-2026 yaitu Benyamin Thomas Noach selaku Bupati dan Wakil Bupati Agustinus Lekwarday Kilikily pasca dilantik Gubernur Maluku Murad Ismail, Senin (26/4).

Pelantikan Noach dan Kilikily tersebut sesuai surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian nomor 131.81-992/2021.

Diketahui, keduanya adalah pemenang pemilihan kepala daerah (Pilkada) MBD 9 Desember 2020 lalu. Noach sendiri merupakan incumbent Bupati.

Kepada Noach-Kilikily, Gubernur Murad meminta selaku Bupati dan Wakil Bupati agar melakukan koordinasi, kolaborasi dengan DPRD sebagai mitra kerja, TNI/Polri, intansi vertikal, instansi swasta, ormas serta elemen masyarakat MBD lainnya untuk percepatan proses pembangunan.

“Jalankan tugas dengan sungguh-sungguh untuk kemajuan MBD yang lebih baik. Banyak persoalan dan tantangan besar akan dihadapi kedepan oleh saudara berdua,” pinta Murad di lantai VII kantor Gubernur Maluku.

Upaya mendorong pergerakan roda perekonomian juga sebutnya, harus dilakukan secara serius dengan mengupayakan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

“Salah satunya permudah regulasi dalam mendorong hadirnya investasi, sehingga akan membuka lapangan kerja baru, dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup,” ingatnya.

Berkaitan upaya menurunkan angka kemiskinan, mensejahterakan masyarakat dan menjaga sumber daya alam agar dapat dimanfaatkan oleh generasi sekarang dan anak cucu yang akan datang, perlu disiapkan strategi dan upaya percepatan penanganannya yang tepat sasaran.

“Anak cucu kita juga harus merasakan apa yang hari ini kkta rasakan, itu tugas kepala daerah yang sebenarnya bukan mengatur APBD, tetapi memberikan tanggungjawab kepada ahlinya atau OPD,” pinta mantan Dankor Brimob Polri itu.

Selain itu, peningkatan pelayanan dasar terutama kesehatan dan pendidikan, yang selama ini belum berjalan dengan baik harus diperhatikan serius.

“Diperlukan berbagai langkah upaya terobosan dari pemerintah MBD sehingga pelayanan dasar bisa dinikmati masyarakat,” tutur mantan Kapolda Maluku.

Tak lupa, Murad mengingatkan Noach dan Kilikily untuk menindaklanjuti program vaksinasi yang sementara ini berjalan, sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19.

“Kita harus tanggap dan tangani dengan baik bila ada masyarakat yang mengeluh terutama masalah kesehatan. Sebab disana akses kesehatan sangat terbatas. Tanggungjawab besar untuk mengatasi hal itu ditengah kondisi MBD yang letak geografisnya pulau-pulau dan berbatasan dengan negara lain,” harapnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed