by

Bulan PRB 2021, BNPB Rencana Bangun Gudang Logistik & Peralatan Bencana di Ambon

AMBON,MRNews.com,- Kota Ambon ibukota Provinsi Maluku menjadi tuan rumah bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) di Indonesia tahun 2021.

Launching bulan PRB dilakukan Gubernur Maluku Murad Ismail dan Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI Lilik Kurniawan di lantai VII kantor Gubernur Maluku, Jum’at (1/10/2021).

Kurniawan katakan, bulan PRB menjadi agenda tahunan untuk knowledge sharing antar kepala daerah dan stakeholder berkaitan dengan upaya penanggulangan dan pengurangan resiko bencana di daerah masing-masing.

“Selama sebulan ini kita minta semua pihak lakukan upaya pengurangan resiko bencana, pra bencana. Sebagai antisipasi ketika terjadi bencana. Karena itu berbagai kegiatan bakal dihelat. Ini upaya kita memperkuat kapasitas penanggulangan bencana di daerah,” tandasnya.

Setiap tahun puncak bulan PRB kata dia, minimal dihadiri 4000 orang, dari kepala daerah, para pelaku penanganan bencana, akademisi, relawan. Namun disaat Pandemi Covid-19 ini, akan dikurangi peserta hanya 1000 orang sebagai wujud komitmen terhadap penerapan protokol kesehatan.

Sejalan dengan penguatan kapasitas penanggulangan bencana dan di daerah, BNPB kata Kurniawan, berencana membangun gudang/balai besar logistik dan peralatan bencana di Kota Ambon. Namun diperlukan kerjasama dari pemerintah daerah untuk bisa sediakan tanah, baru proses lanjut oleh BNPB.

“Bencana itu ada di daerah. Kalau semua peralatan di Jakarta dan terjadi sesuatu di  Ambon, Maluku, untuk membawanya butuh waktu lama. Namun kalau ada gudang, semua mudah. Kita rencana bangun itu di 7 daerah. Salah satunya ada di Ambon untuk mencakup wilayah Maluku-Maluku Utara,” ungkapnya.

Selain gudang, sebutnya, juga lokasi tersebut bisa digunakan sebagai tempat pelatihan dalam penggunaan alat-alat yang tersedia. Sehingga tidak mubazir. Serta menjadi pusat pengendali, yang terkoneksi dengan Jakarta dan provinsi untuk memantau kejadian yang terjadi.

Sementara Gubernur Maluku Murad Ismail
menyambut baik dan apresiasi dipilihnya Kota Ambon menjadi tuan rumah bulan PRB tahun 2021. Terhadap keinginan BPNB yang ingin membangun gudang logistik dan peralatan di Maluku, pihaknya siap memfasilitasi sebidang tanah.

“Soal keinginan disediakan tanah guna membangun gudang logistik, kita akan sediakan 1  hektar. Lokasinya nanti akan kita lihat, dimana yang pas nantinya. Kalau tidak ada, saya akan perintah di Jazirah bisa sediakan,” tukas Murad.

Rangkaian bulan PRB nanti diakui, yakni FGD ketangguhan daerah, seminar ketangguhan daerah, pembagian masker, peringatan hari air turun naik di 3 negeri.

Kemudian Kalesang lingkungan dan perkantoran, sosialisasi pencegahan Covid-19 dan mitigasi bencana, gladi ruang gempa bumi dan tsunami, memfasilitasi kegiatan Bimtek dan seminar internasional literasi kebencanaan.

“Semoga peringatan bulan PRB 2021 dapat meningkatkan budaya sadar bencana. Mengingat ancaman bencana di negeri ini sangat menantang dengan berbagai permasalahan dan isu kebencanaan terutama berkaitan geografis wilayah yang terdiri dari berbagai pulau,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed