by

BPOM: Kasat Mata, Beras dari Malteng Tak Mengandung Plastik

-Kesehatan-363 views

AMBON,MRNews.com,- Meski belum dilakukan uji mutu sesuai SNI beras, tetapi Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Ambon berpandangan bahwa beras yang dibawa petugas Indag dan Polres Maluku Tengah (Malteng) dari Masohi-Malteng untuk dilakukan uji lab, secara kasat mata tidak mengandung atau ditemukan butiran plastik.

“Kalau dilihat secara kasat mata (organoleptik), tidak ditemukan butiran plastik pada beras yang dibawa. Namun demikian sampel beras yang dibawa tetap akan diuji mutu sesuai SNI beras,” ungkap Kepala BPOM di Ambon Hariani kepada awak media, Senin (17/2/2020).

Terkait klasifikasi dan kategori beras, kata Hariani menjadi kewenangan dan keahlian dari pihak Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk menjelaskan. Adapun saat mendapat informasi lewat media, tim Satgas pangan Maluku yakni Krimsus Polda, Disperindag, Bulog dan Balai POM langsung turun ke TKP.

Dirinya meminta masyarakat atau konsumen tidak perlu khawatir. Karena pengawasan produk yang beredar dipasaran tetap dipantau oleh pemerintah, termasuk juga di Kabupaten/Kota. Tidak hanya di Kota Ambon.

“Untuk meyakinkan, dapat dilakukan pembuktian sendiri dengan cara mencuci beras tersebut dan didiamkan. Seandainya kalau ada plastik, pasti plastiknya mengapung. Karena berat jenisnya lebih ringan (kurang dari satu). Kalau pulen dan fapat dikepal tergantung kandungan amilosa dan amilopektinnya,” beber Hariani.

Bagi Hariani, merupakan tugas bersama untuk mencerdaskan konsumen agar tidak mudah terpengaruh dengan berita-berita yang belum tentu benar.

“Beberapa waktu lalu sudah ada 2 kejadian sama dengan jenis beras yang berbeda, dan sudah dilakukan konfirmasi ke pelapor dan penjual oleh Satgas pangan Maluku. Bahwa berita itu tidak benar,” jelasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed