by

BMKG : Gempa 3,5 SR Terjadi di Darat Timurlaut Ambon

-Maluku-193 views

AMBON,MRNews.com,-
Gempabumi berkekuatan 3,5 SR terjadi Sabtu (10/10/20) sekira pukul 21.12.10 WIT.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon Sunardi katakan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.63 LS dan 128.23 BT, atau tepatnya berlokasi di darat 9 km Timurlaut Ambon dan 35km Baratdaya Kairatu-Seram Bagian Barat (SBB) pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal,” tandas Sunardi dalam rilisnya kepada media ini, Sabtu malam.

Dampak gempabumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan di Ambon III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Di daerah tersebut, guncangan gempabumi dirasakan oleh banyak orang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

“Hasil pemodelan menunjukan gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 21:25 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” pungkasnya.

Salah satu wartawan peliput di kantor Gubernur Maluku, Chris Pessy bahkan mengaku kaget getaran gempa kuat hingga membuat gedung bergetar.

“Kaget. Lagi duduk nonton di lantai III kantor Gubernur Maluku tiba-tiba rasa getaran kuat sekali. Gedung kantor bahkan bergetar kurang lebih 5-7 detik begitu,” kata dia. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed