by

Bibit Siklon Tropis, BMKG: Waspada Cuaca Buruk di Maluku

AMBON,MRNews.com,- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon mengeluarkan warning atau peringatan kepada masyarakat agar mewaspadai cuaca buruk di wilayah Maluku.

Pasalnya, berdasarkan hasil analisis tropical cyclone warning centre (TCWC) Jakarta, terpantau adanya bibit siklon tropis berada di 11.3 S-135.8 E tekanan 1003 mb kecepatan angin 25 knot di wilayah laut Arafura (di perairan Utara Australia).

“Bibit siklon ini diprediksi akan menguat dalam 12 jam kedepan. Adapun pergerakannya menuju barat laut atau mendekati wilayah Maluku Tenggara (Malra) hingga Maluku Barat Daya (MBD),” ungkap Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon Ot Oral Sem Wilar kepada media ini dalam siaran persnya, Rabu (8/1/2020).

Lebih lanjut kata Sem, keberadaan bibit siklon tropis ini diperkirakan akan mengakibatkan kondisi cuaca buruk di beberapa wilayah di Maluku, antara lain hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang berpeluang terjadi di wilayah Maluku Tengah (Banda), Seram Bagian Timur, Maluku Tenggara, Kepulauan Aru dan Kepulauan Tanimbar.

Kemudian, angin dengan kecepatan diatas 25 knot atau 48 km/jam berpeluang terjadi di Kabupaten MBD dan Kepulauan Tanimbar, serta gelombang dengan ketinggian 1.25-2.50 meter berpeluang terjadi di Laut Banda, perairan Kepulauan Kei, perairan Kepulauan Aru, perairan Kepulauan Tanimbar, perairan Kepulauan Babar, Kepulauan Sermata-Letti dan laut Arafura Bagian Tengah.

“Masyarakat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti tanah longsor, pohon tumbang, gangguan transportasi laut karena adanya potensi pertumbuhan awan Cumulonimbus yang menyebabkan angin kencang dan peningkatan tinggi gelombang serta gangguan transportasi udara akibat hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed