by

Bersama Tangani Sampah, Jumat ASN Berlian, Sabtu Masyarakat

-Kota Ambon-331 views

AMBON,MRNews.com,- Setelah adanya tiap Jumat Pagi Bersih Lingkungan (Jumpa Berlian) khusus ASN Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk membersihkan kota Ambon dari sampah, masyarakat pun diajak melakukan hal serupa tiap hari Sabtu.

Maka dicanangkanlah Sabtu Pagi Bersih Lingkungan (Sapa Berlian) oleh Walikota Ambon Richard Louhenapessy pada puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020 dibawah Jembatan Merah Putih (JMP) lepas Pantai Rumahtiga-Kecamatan Teluk Ambon, Jumat (21/2/2020).

“Hari ini kita lakanakan HPSN 2020, sekaligus juga mencanangkan Sapa Berlian. Jadi hari Jumat itu ASN bersihkan lingkungan kota, sedangkan hari Sabtu saya sudah rapat koordinasi dengan seluruh raja, lurah, camat. Kemudian RT/RW. Dan diharapkan nanti setiap Sabtu mereka bersihkan lingkungannya sendiri,” kata Walikota.

Pasalnya lanjut Louhenapessy, hari Jumat mungkin mereka ada yang kerja, sibuk dengan hal lainnya sehingga Sabtu diharapkan seluruh lingkungan ada gotong royong. Dimana tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, diharapkan partisipasi untuk menggerakan jemaat atau umat, masyarakatnya agar tiap hari Sabtu membersihkan lingkungan.

“Ini penting. Karena Ambon selain dia kota, tapi juga menjadi ibukota provinsi dari Maluku. Jadi paling tidak dia harus menjadi contoh buat kota-kota lain yang ada di Maluku. Ini yang sebetulnya alasan sebenarnya kenapa kita begitu peduli terhadap kegiatan-kegiatan lingkungan,” beber politisi Golkar.

Dirinya lantas mengajak masyarakat untuk memandang sampah bukan musuh, tapi sampah adalah mitra yang dapat dimanfaatkan, gunakan untuk memberikan nilai tambah secara ekonomi. Melalui proses penanganan sampai pengurangan bisa dilakukan dan mulai memilah-milah karena bernilai ekonomis.

“Sampah jadi mitra, maka secara strategis yang ada pada kita uang-uang dan akan berdampak besar bagi lingkungan dan masa depan kita sekalian jika dikelola secara baik. Tidak boleh kita lihat sampah sebagai musuh. Tentunya kita akan apriori dan antipati,” pesan Louhenapessy. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed