by

Berkas Tersangka DPO  Bentrokan Batu Gantung, Masuk Meja Jaksa

AMBON,MRNews.Com.-Setelah Majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon memvonis tiga terdakwa bentrokan Batu Gantong,Kecamatan Nusaniwe,Kota Ambon.kini  tambah satu pelaku yang dulunya masuk Buron alias DPO anggota Polres Ambon, diringkus dan diproses hukum oleh Penyidik Satreskrim Polres Pulau Ambon dan Pp.Lease..

Mekanisme hukum kepada para pelaku pembuat onar dilingkungan masyarakat Kecamatan Nusaniwe, tersebut diproses secara bertahap oleh pihak penyidik Polisi.

Hal inilah yang dilakukan oleh penyidik Satreskrim Polres Ambon, dengan melimpahkan berkas tahap-I (Penyerahan Berkas Perkara) tersangka Thomas Istia alias Toton kepada Penyidik Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri Ambon, Rabu (25/7) kemarin.

“ Untuk berkas pemeriksaan tersangka Thomas Istia alias Toto, (Rabu-red) Penyidik telah menyerahkan berkas tahap satu ke Penyidik Pidum Kejari Ambon. Untuk berkas tahap-I nya, Penyidik telah melakukan pemeriksaan kepada 4 orang saksi yang juga merupakan tersangka bentrokan warga Batu Gantung yang telah diproses terdahulu oleh penyidik Satreskrim  Polres Ambon,”ungkap Kasat Reskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease, AKP R.E.Adikusuma, yang ditemui Wartawan diruangan kerjanya, Rabu (25/7) kemarin.

Perwira Polri berpangkat tiga balok emas itu mengatakan, selain penyerahan berkas tahap-I dari   tersangka Toton Istia, Penyidik juga telah mengamankan J.R (36) seorang pelaku pemukulan sopir angkot jurusan Kudamati, dalam bentrokan warga Batu Gantung Genemo, dan warga Lorong Dua Tugu Dolan Kudamati  yang terjadi pada Selasa (17/7/2018).

“ Untuk pelaku  pemukulan, Korban  Richard Tanasale (56) sopir angkot Kudamati, yang diamankan oleh Polisi berinisial J.R. Pelaku sendiri ditangkap oleh anggota Polsek Nusaniwe pada Rabu (18/7) dan  diserahkan untuk diperiksa oleh penyidik Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease,”tutur dia.

Lanjut dikatakan, untuk pelaku J.R yang saat ini tengah ditahan dirutan Mapolres Ambon akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi dan belum ditetapkan sebagai tersangka.

Untuk diketahui, dari pengusutan kasus bentrokan warga Batu Gantung, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, pada Minggu (11/3/2018) lalu, Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease akhirnya mengeluarkan Daftar Pencarian Orang (DPO) kepada 7 tersangka bentrokan Batu Gantung tersebut.

Dalam pengejaran dan pencarian tersebut, Kepolisian Polres P.Ambon dan Pp.Lease,berhasil membekuk 3 orang pelaku bentrokan  Batu Gantung,masing-masing; Nandito Sorseri (20),Samuel Jacob Philipus (29),dan Hendra Sohuken (20) pada Kamis (15/2/2018)

Ketiga tersangka tersebut, bahkan telah menjalani proses hukuman di Pengadilan Negeri Ambon, yang dijatuhi hukuman penjara berfariasi, oleh Majelis Hakim PN Ambon.

Setelah berhasil meringkus 3 tersangka bentrokan warga Batu Batu, Polisi kembali meringkus tersangka lainnya yaitu, Aditya Tauran alias Adit (25 tahun)  salah seorang DPO yang masuk dalam incaran Polisi.

Aditya Tauran alias Adit, diringkus oleh Tim Resmob Community, pada Jumat (13/4/2018),sekitar pukul 14.00 WIT, tepatnya di Jalan Kadewatan, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Tersangka Aditya Tauran akhirnya dilimpahakan bersama  berkas tahap-II, oleh Polisi kepada JPU Kejari Ambon pada Kamis (7/6/2018).

Berhasil meringkus 4 orang dari 7 DPO bentrokan warga Batu Gantung, Polisi kemabli meringkus salah seorang DPO lainnya, yang diketahui bernama Thomas Istia alias Toton,Selasa (17/7/2018) sekitar pukul 16.00 WIT dilokasi lorong Batu Gantung Genemo. (MR-03).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed