by

Belum Sepekan, Kebakaran Hutan Kembali Terjadi

AMBON,MRNews.com,- Terhitung belum sampai sepekan, kebakaran hutan kembali terjadi di Maluku khususnya kota Ambon dan Maluku Tengah. Lihat saja, 23 Januari kemarin, hutan di Dusun Hoy Petuanan Negeri Hatali Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon terbakar.

Sehari kemudian, kebakaran hutan sekira 20 hektar terjadi di daerah Arbes RT 006/RW 017 Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Terkini, hal serupa menimpa lahan dan hutan Kuali, hutan Tengah dan hutan Waisani dusun Wanat Negeri Hitu Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah milik warga yang jaraknya hanya 2 km dari pemukiman warga, Senin (27/1/2020) siang.

Terhadap fakta terbakarnya hutan dan lahan kurang dari sepekan, Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease Iptu Julkisno Kaisupy mengaku, pihaknya masih melakukan penyelidikan. Apakah sengaja dibakar oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk kepentingan tertentu atau memang tidak disengaja karena faktor cuaca.

“Masih dalam penyelidikan (soal ada kesengajaan dan tidak) terhadap kebakaran hutan yang terus terjadi,” ungkap Julkisno kepada media ini via WhatsApp, Senin (27/1/2020).

Terkait kebakaran hutan dan lahan di Dusun Wanat Negeri Hitu milik beberapa warga, Julkisno katakan, dari penuturan saksi La Wan (40), awalnya sekitar pukul 14.00 Wit, saksi mendengar informasi dari warga ada kebakaran di hutan Kuali. Saksi lantas mengajak beberapa rekannya ke TKP. Setiba, mereka melihat api sudah membesar dan banyak kepulan asap yang mengganggu penglihatan. Mereka pun mencari sumber air untuk memadamkan api yang terus menyebar.

Upaya pemadaman api lanjutnya, sempat mendapat bantuan dari Wakapolsek Leihitu IPDA Moyo Utomo dan personil Polsek Leihitu bersama masyarakat dengan menggunakan alat seadanya.

Lahan yang terbakar pun diperkirakan seluas 6 hektar. Beruntungnya, kebakaran lahan dan hutan itu tidak menimbulkan korban jiwa meski jaraknya tidak jauh dari pemukiman warga.

“Penyebab kebakaran masih belum dapat dipastikan. Hal itu disebabkan karena belum ada saksi yang mengaku melihat secara langsung. Kerugian materiil akibat kejadian tersebut diantaranya puluhan tanaman cengkih, puluhan tanaman Pala dan tanaman buah yaitu durian dan nanas yang hangus terbakar,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed