by

Beberapa Wilayah di Maluku Berpotensi Hujan Lebat & Angin

-Maluku-209 views

AMBON,MRNews.com,- Beberapa wilayah di Provinsi Maluku berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang maupun kilat atau petir selama tiga hari berlaku.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Klas II Pattimura Ambon Ot Oral Sem Wilar mengungkapkan, wilayah itu diantaranya Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) berpotensi terjadi pada 10 Februari.

Pada 11 Februari, Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Kepulauan Aru, KKT dan MBD. Sementara hari berikutnya, berpotensi hujan lebat, angin kencang disertai kilat akan dialami Kota Tual, Malra, Aru dan KKT.

“Peringatan dini cuaca wilayah Maluku itu berlaku pada 10-12 Februari 2020,” kata Sem di Ambon, Senin (10/2/2020).

Potensi cuaca buruk itu, sebutnya, karena terdapat daerah sirkulasi siklonik di Perairan Barat Sumatera Utara dan Kalimantan Barat. Konvergensi memanjang di Laut Jawa, Selat Makassar, Perairan Utara Nusa Tenggara. Adapun daerah belokan angin terdapat di Kepulauan Riau, Selat Karimata, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, hingga Samudra Pasifik Utara Papua.

“Low level jet dengan kecepatan angin diperkirakan mencapai lebih dari 25 knot, terpantau di Laut Cina Selatan hingga Laut Natuna dan di Samudra Hindia Barat Daya Sumatera,” jelasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed