Bantuan Lampu SHS Tiba Pekan Depan di Ambon

AMBON,MRNews.com,- Bantuan lampu solar home system (SHS) tenaga surya atau sinar matahari, lewat Program Indonesia Terang/Program Desa Terang (PDT) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)-PT PLN (Persero) dan beberapa pihak lainnya yang dikoordinir Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GNTI) yang diperuntukan untuk kota Ambon, direncanakan tiba pekan depan di Kota Ambon lewat jalur laut.

“Bantuan lampu SHS dari pemerintah pusat itu, sudah dikirim dari Jakarta dan rencananya minggu depan sudah masuk ke Ambon. Paling cepat tanggal 5 Mei tiba, itu tahap awal. Nanti kemudian ada beberapa kali pengiriman lagi karena banyak,” tukas kepala dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) Kota Ambon, Enrico Matitaputty kepada awak media di Ambon, Jumat (3/5/19).

Dikatakan Enrico, awalnya Kota Ambon mendapat jatah bantuan sebanyak 1500 paket lampu SHS. Namun setelah dilakukan lobi oleh Walikota Ambon dengan pihak penyalur akhirnya Ambon mendapat tambahan lagi 1500 sehingga total yang didapat 3000 paket lampu SHS, plus 500 unit paket sambungan rumah.

“Awalnya 1500, tapi ada tambah 1500 lagi, setelah pa Walikota bicara dan lobi dengan pihak penyalur, sehingga total 3000 paket lampu. Selain dapat 3000 lampu, juga plusnya 500 sambungan rumah. Sambungan rumah artinya ada satu paket yang dibantu, dimana satu rumah ada balon lampu 8 biji plus TV dan parabola dengan panel solar cell, totalnya 500 unit,” jelasnya.

Untuk bantuan tahap pertama yang akan tiba tambah dia, belum diketahui pasti jumlahnya. Karena penyalur hanya mengisi, tidak hitung detailnya. Setiba nanti, sejumlah titik sudah dipersiapkan untuk diterangi lampu-lampu tersebut. “Rencana pemasangan, sebagian besar di kecamatan Leitisel, Taeno, Latuhalat, Serri dan lainnya. Intinya di daerah yang belum dijangkau listrik. Karena itu solar cell jadi lebih dimudahkan. Nanti mungkin setelah kiriman tahap pertama masuk, ada seremonial penyerahan,” tutup Enrico. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *