by

Bantu Korban Gempa Maluku, Tiga Anggota DPR-RI PKS Sumbang Gajinya

AMBON,MRNews.com,- Tiga anggota DPR-RI periode 2019-2024 asal fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masing-masing Jazuli Juwaini ketua fraksi, bendahara fraksi Saadiah Uluputty dan anggota Nasir Jamil memberikan gaji pertamanya di bulan Oktober untuk membantu korban gempa di Provinsi Maluku. Sementara 47 anggota fraksi lainnya menyumbang secara sukarela.

“Dari total 50 anggota fraksi PKS di DPR-RI, kami bertiga saya, pak Nasir dan ibu Saadiah sumbangkan gaji pertama kami di bulan Oktober kepada pengungsi korban gempa di Maluku. Sementara anggota lain mereka sumbang secara sukarela,” jelas ketua fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini kepada awak media disela-sela kunjungan ke lokasi pengungsian di Puncak Bumbun Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (18/11/19).

Keinginan bersama Nasir Jamil dari dapil Aceh datang ke Maluku sebut legislator asal dapil Banten III, adalah untuk melihat kondisi pengungsi lantaran Banten dan Aceh pernah mengalami hal serupa. Dimana warga juga mengungsi dan hidup di tenda pengungsian dengan kondisi apa adanya. Bahkan kunjungan fraksi tidak hanya ke Maluku, namun sudah komitmen untuk selalu berupaya menjadi terdepan dalam membantu setiap masalah kemanusiaan, baik gempa bumi, banjir dan sebagainya yang terjadi di masyarakat.

“Kenapa saya datang dengan pak Nasir. Bukan anggota yang lain. Karena daerah kami pernah dilanda gempa bumi dan kami tahu dan merasakan bagaimana rasanya tinggal ditenda- tenda. Untuk itu, dengan bantuan ini diharapkan bisa membantu kebutuhan pengungsi yang ada,” ujar wakil rakyat empat periode.

Dirinya pun berjanji akan berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Maluku Tengah terkait percepatan rekonstruksi pembangunan rumah wagra yang rusak. Ini perlu, agar warga bisa kembali tinggal di rumahnya masing-masing. “Kami akan berkordinasi dengan Pemda Provinsi dan Kabupaten biar cepat rekonstruksi bangunan rumah warga. DPRD PKS di Maluku juga diminta untuk mengawal masalah ini secara serius,” bebernya.

Diketahui, fraksi PKS DPR RI melalui ketiga perwakilannya itu menyalurkan bantuan berupa beras satu ton setengah dan terpal kepada pengusi di desa Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Tak saja di Liang, ketiganya juga menyambangi pengungsi di Jemaat GPM Baitrafa Suli sekaligus menyerahkan bantuan dari fraksi. Diharapkan bantuan tersebut dapat membantu kebutuhan para pengungsi.

Sementara, legislator PKS asal Maluku Saadiah Uluputty tegaskan, persoalan pengungsi perlu menjadi perhatian serius pemerintah daerah, pusat dan seluruh stakeholder, baik DPRD Kabupaten, Provinsi maupun DPR RI yang tidak dilihat berdasarkan dapil. Sebab bagaimanapun warga Maluku yang terkena bencana khususnya Kota Ambon, Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) merupakan bagian dari warga Indonesia yang harus diperhatikan sama seperti warga lainnya.

Selain rekonstruksi bangunan tetapi menurutnya, rekonstruksi kehidupan masyarakat pasca gempa juga sangat penting. Ini perlu agar masyarakat jangan dibiarkan begitu saja. Karena kejadian gempa, sudah tentu berdampak pada mata pencaharian warga, yang berpengaruh pada kondisi ekonomi maupun pendidikan anaknya. “Saya kira inilah mata rantai yang harus diperbaiki secara bersama-sama salah satunya melalui pemberdayaan. Itu yang sangat diharapkan,” ujar mantan anggota DPRD Provinsi Maluku. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed