by

Apresiasi Kampung Tangguh, Pemkot Beri Polresta Ambon Penghargaan

AMBON,MRNews.com,- Sebagai apresiasi atas inisiasi adanya kampung atau desa tangguh nusantara yang juga terbentuk di desa/negeri dan kelurahan di Kota Ambon selama masa Pandemic Covid-19, pemerintah kota (Pemkot) Ambon memberi penghargaan kepada Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease.

Penghargaan diberikan bertepatan dengan apel rutin Pemkot Ambon dalam rangka peringatan HUT Satpol PP dan Linmas di halaman parkir Balaikota Ambon, Rabu (3/3).

Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengaku, mengantisipasi pandemic ini, Polri melakukan program sangat strategis yang disebut desa/kampung tangguh atau di Ambon disebut negeri tangguh.

Lalu lewat kerjasama Pemkot dan Polresta Ambon, disupport Polda Maluku dilakukan pendampingan dan pembinaan kepada desa-desa secara ekonomis maupun sosial.

Bahkan, lewat Bhabinkamtibmas yang ada di desa/negeri membuat tugas-tugas pendampingan, mendorong dan memberi motivasi kepada masyarakat terutama kepala desanya agar memaksimalkan potensi-potensi yang ada di desa/negeri baik potensi ekonomi, sosial maupun lainnya.

“Akhirnya seluruh lingkungan kelurahan maupun desa yang ada di Ambon terbentuk kampung tangguh. Itu yang jadi alasan kita memberi apresiasi kepada kepada Polresta Ambon, karena kerjasama itu kita wujudkan desa/kampung tangguh di kota Ambon,” tandas Louhenapessy kepada awak media.

Bahkan menurutnya, hampir diseluruh desa/kampung di Ambon sudah jadi desa atau kampung tangguh dengan berbagai potensi yang dimiliki.

“Masyarakat bekerja luar biasa dengan potensi yang ada di desanya baik disektor pertanian, perdagangan, perikanan maupun sektor lain. Potensi itu didorong dan dikembangkan sebagai daerah tangguh untuk kebutuhan lingkungan warga apalagi dimasa Pandemi saat ini,” sebutnya.

Diharapkan dalam tahun ini atau paling tidak pertengahan tahun kata dia, semua desa/negeri dan kelurahan sudah harus jadi kampung tangguh yang sesuai keunggulan atau potensi masing-masing.

“Itu paling tidak sifatnya untuk mandiri, agar bisa mengantisipasi kesulitan yang dihadapi masyarakat ditengah ancaman Pandemi Covid-19 terutama kesulitan ekonomi lewat pemberdayaan potensi lokal,” kuncinya.

Sementara itu, Kapolresta Pulau Ambon dan Pp Lease Kombes Pol Leo Simatupang mengaku, sebetulnya dalam kerja bersama, penghargaan itu tidak diharapkan.

Sebab yang paling penting masyarakat di kota Ambon bisa menjadi masyarakat yang tangguh diberbagai sektor khususnya dalam menghadapi situasi Pandemic Covid-19.

“Dalam kampung tangguh, ada 4 slogan yang kita munculkan yaitu SAGU (Sehat, Aman, Gotong Royong dan Unggul). Ketika satu wilayah mampu implementasi gagasan SAGU ini dalam menjaga ketangguhan desa/negeri, maka dia tidak perlu tergantung dari wilayah diluar,” pungkas Leo. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed