by

Apresiasi Gerak Cepat Pemkot, DPRD Akan Undang Tim Antisipasi Corona

-Parlemen-1,025 views

AMBON,MRNews.com,- DPRD Kota Ambon mengapresiasi gerak cepat Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon yang membentuk tim taktis khusus untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus Corona di Kota Ambon, pasca diumumkannya oleh Presiden Jokowi dua orang WNI positif terinfeksi virus tersebut, Senin (2/3/2020).

Terkait itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon Mourits Tamaela mengungkapkan, pihaknya akan mengundang tim khusus reaksi cepat dari dinas kesehatan (Dinkes) kota Ambon dan Puskesmas. Bahkan juga tim dari dinas kesehatan provinsi, karena dalam koordinasi lintas sektor.

“Sejak awal kami memberi dorongan dan motivasi kepada Dinkes sebagai mitra dan stakeholer ujung tombak dalam penanganan persoalan kesehatan di kota ini. Kami juga memberi apresiasi bagi Pemkot Ambon yang bergerak cepat dengan membentuk tim untuk pencegahan dan antisipasi virus Corona,” ungkap Tamaela kepada media ini di Baileo Rakyat Belakang Soya, Selasa (3/3/2020).

Menurutnya, langkah yang diambil itu sudah baik dan tepat adanya. Tetapi diharapkan ada langkah lebih ekstra lagi lewat edukasi dan sosialisasi intens kepada masyarakat lewat Puskesmas sehingga kekhawatiran masyarakat terhadap virus ini tidak berlebihan terjadi. Tetapi juga masyarakat bisa sadar untuk mendeteksi atau mencegah penyebarannya.

“Mengawasi pintu masuk di bandara dan pelabuhan dengan termo scanner domainnya provinsi. Publik tahu lewat media massa dan media sosial tentang virus corona. Maka perlu edukasi mendalam agar masyarakat lebih memproteksi diri. Kita berdoa supaya Ambon tidak lah, tetapi antisipasi dan pencegahan penting,” sebut politisi NasDem itu.

Edukasinya sederhana dengan menanamkan pola hidup bersih dan sehat ke masyarakat, dimana tim bisa langsung mempraktekan di lapangan. Sehingga dari cara itu, masyarakat punya ketahanan baik secara jasmani maupun rohani.

“Kami usahakan dalam pekan ini undang tim bentukan Pemkot dan stakeholder untuk berdiskusi agar kami pun sebagai corong publik, wakil rakyat juga bisa memberikan edukasi kepada konstituen kami, bagaimana dan seperti apa kondisi kota Ambon dan apa yang harus dilakukan masyarakat tentang hal ini,” tutup Tamaela. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed