by

Antisipasi Lonjakan Penumpang Nataru, KM GunDem & Ciremai Ditambah

-Maluku-233 views

AMBON,MRNews.com,- PT Pelni Cabang Ambon melakukan penambahan dua armada kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang mudik natal dan tahun baru (Nataru). Dua armada itu yakni KM Gunung Dempo (GunDem) dan KM Ciremai.

Kepala PT Pelni Cabang Ambon Rudi Pentury menjelaskan, untuk Nataru kali ini pihaknya telah menyiapkan jadwal kapal. Dimana untuk kapal perintis, ada tujuh armada yang dioperasikan guna mengangkut penumpang mudik terdiri dari 5 kapal di Ambon, satu di Saumlaki dan satunya lagi di Maluku Utara.

“Untuk Nataru ada 10 kapal penumpang yang kita siapkan. Tapi sebagai antisipasi lonjakan penumpang khususnya di daerah Maluku maka kita ada tambah dua armada lagi KM Ciremai dan KM Gunung Dempo. Sedangkan perintis 7 armada,” beber Pentury kepada awak media di ruang kerjanya, Jumat (6/12/19).

Terkait KM Ciremai dan KM Gunung Dempo, diakuinya, kedua kapal ini perbantu hanya periode Nataru hingga sampai arus balik. Meski dalam prediksi lonjakan penumpang, untuk mudik dari Ambon tidak terlalu banyak, namun penumpang arus balik cukup banyak dan tahun ini diprediksi bisa mencapai 3 persen.

“Data yang ada itu untuk angkutan Nataru kurang, namun yang banyak cuman ke Malra dan arus baliknya yang tinggi terutama ke daerah Papua. Jadi puncaknya itu baliknya sesudah tahun baru, peningkatannya paling itu 3 persen dari tahun kemarin,” jelasnya.

Adanya KM Ciremai dan Gunung Dempo menurut Pentury, untuk kebutuhan deviasi ke Ambon guna membantu masyarakat Maluku untuk mudik. Sebab kapal sudah punya rencana pola trend tahunan untuk kebutuhan hari-hari besar keagamaan. Terhadap kemungkinan dispensasi penumpang kata dia tetap ada namun sesuai aturan dari pemerintah.

Dengan semua jadwal yang sudah siap, dirinya berharap masyarakat harus merencanakan perjalanan mudik mereka sedini mungkin dan sudah membeli tiket jauh-jauh hari, sehingga tidak ada penumpukan penumpang.

“Harapan kami masyarakat sudah jauh hari membeli tiket, karena terhitung sejak tanggal 5 kemarin penjualan Nataru sudah di buka, sehingga masyarakat jangan menunggu dan masyarakat bisa mengatur rencana perjalanan jauh hari sehingga tidak ada penumpukan maupun tidak ada masyarakat yang mengeluh tidak mendapatkan tiket,” kunci Pentury. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed